This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Choiriyah, Eka Nur Jannah Isti (2017) Pengembangan pembelajaran matematika berbasis masalah dengan strategi React untuk meningkatkan pemahaman relasional siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (443kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid, paraktis, dan efektif guna meningkatkan pemahaman relasional siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP dan LKS. Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah sedangkan strategi yang digunakan adalah strategi REACT. Kombinasi antara model pembelajaran berbasis masalah dan strategi REACT melibatkan keterampilan berpikir dan kemampuan memecahkan masalah sehingga siswa berperan aktif mengkonstruksi pemahaman yang ia miliki. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase pengembangan, namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Uji coba dilakukan pada 42 siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 8 Surabaya. Data yang diperoleh selama penelitian berupa keterlaksanaan sintaks pembelajaran, respon siswa, aktivitas siswa, serta nilai pretest dan posttest. Data pretest dan posttest akan diolah menggunakan uji-t sampel berpasangan. Hasil analisis data penelitian diperoleh data kevalidan perangkat pembelajaran dengan rata-rata total validitas sebesar 3,73 untuk RPP dan 3,97 untuk LKS serta masing-masing perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan catatan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan presentase rata-rata keterlaksanaan sintaks sebesar 97,5%; respon positif siswa sebesar 92,12%; dan presentase aktivitas siswa yang mendukung KBM lebih besar dibandingkan siswa yang tidak mendukung KBM. Hasil uji-t sampel berpasangan terhadap data pretest dan posttest diperoleh nilai signifikasi<nilai alpha, yaitu 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman relasional siswa sebelum dan sesudah pembelajaran matematika berbasis masalah dengan strategi REACT.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM); strategi REACT; pemahaman relasional | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Choiriyah Eka Nur Jannah Isti | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2017 02:11 | ||||||||
Last Modified: | 14 Oct 2024 07:11 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15355 |
Actions (login required)
View Item |