ANALISIS MODAL DALAM STRATEGI PEMENANGAN KANDIDAT PETAHANA PADA PEMILU BUPATI SUMENEP 2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Rifqi Ghufron (2017) ANALISIS MODAL DALAM STRATEGI PEMENANGAN KANDIDAT PETAHANA PADA PEMILU BUPATI SUMENEP 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Penelitian kualitatif ini menggunakan teori Modal yang digagas oleh Pierre Bourdieu dan teori marketing politik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa petahana (Busyro Karim) memiliki modal atas pencalonannya pada Pemilu Bupati Sumenep 2015. Klasifikasi modal tersebut baik modal ekonomi, kultural, sosial, dan simbolik. Modal ekonomi petahana berupa harta kekayaan yang hanya sebatas 2 miliar dan dana kampanye sebesar Rp. 430.000.000, serta dukungan elit pengusaha. Kemudian modal kultural petahana berupa pendidikan formal S2 Administrasi Publik dan S3, posisinya sebagai pengasuh dengan kompetensi pemahaman agama islam, pengalaman dan keterampilan kepemimpinan, dan potensi literasi yang dimiliki dengan menulis beberapa buku fenomenal. Adapun modal sosialnya berupa seorang kiai dan sosok bupati dalam interaksi sosial, serta modal simboliknya berupa simbol seorang bupati, bersama dengan penghargaan yang diperoleh.Klasifikasi modal tersebut, hampir secara keseluruhan diangkat sebagai strategi pemenangan petahana pada Pemilu Bupati Sumenep 2015 dengan strategi beragam berdasarkan brand, positioning, and segmentation di lapangan. Sedangkan yang paling signifikan berpengaruh adalah modal sosial dan modal simbolik. Modal sosial yang berupa sosok kiai yang masih cenderung diikuti dalam konteks Sumenep dengan menggandeng elit kiai yang lain dalam pemenangannya, dan bermodal kekuasaan sebagai bupati untuk mempengaruhi srruktur hirarki di bawah kepemimpinan petahana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Rifqi Ghufronghufronfirdausrifqi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Keywords: Modal; Petahana; Strategi; Pemilu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Firdaus Akh. Rifqi Ghufron
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:08
Last Modified: 22 Feb 2017 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15436

Actions (login required)

View Item View Item