This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khusaini, Nabalah Kayyisu (2017) METADISCOURSE CATEGORIES OF THESIS ABSTRACTS AT ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT IN UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (799kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (352kB) | Preview |
Abstract
Berfungsi untuk memringkas keseluruhan tulisan, abstrak skripsi menjadi sangat penting sebab pembaca selalu membacanya terlebih dahulu sebelum membaca keseluruhan skripsi. Hal ini mungkin menjadi penentu apakah pembaca akan meneruskan membaca keseluruhan skripsi atau tidak. Oleh karena itu, abstrak skripsi perlu untuk mengajak dan mengikutsertakan pembaca agar membaca keseluruhan skripsi. Sementara itu, abstrak mencakup metadiscourse yang menghubungkan penggunaan yang cocok dari realisasi linguistik. Metadisocurse membantu penulis mengorganisasi tulisannya sehingga penulis dapat mengikutsertakan pembaca dengan tulisannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa metadiscourse categories dari abstrak skripsi Pendidikan Bahasa Inggris, mengidentifikasi metadiscourse categories yang sering muncul di abstrak skripsi dan kemungkinan penyebab dari seringnya kemunculan metadiscourse categories di abstrak skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis dokumen sebagai metode penelitian. Data yang didapat berasal dari abstrak skripsi dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris tahun 2014-2016, dengan topik skripsi yakni analisis penulisan serta wawancara mahasiswa yang data abstraknya diambil. Data yang tersedia ada 9 abstrak skripsi dan 6 mahasiswa yang diwawancarai. Metadiscourse model dari teori Hyland digunakan sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan 114 metadiscourse yang terdiri dari 60 interactive metadiscourse dan 54 interactional metadisocurse. Penggunaan metadiscourse pada abstrak skripsi mahasiswa terdiri dari transitions, frame markers, evidential, code glosses, hedges, boosters, attitude marker, self-mentions, dan engagement marker. Peneliti juga menemukan metadiscourse categories yang sering muncul adalah transitions dan self-mentions. Hal ini dikarenakan mahasiswa ingin untuk mengorganisasi tulisan mereka dan menunjukkan penyertaan penulis dalam penelitiannya. Kesimpulannya, mahasiswa yang abstrak skripsinya diteliti secara sadar atau tidak, telah mengaplikasikan penggunaan metadiscourse categories pada abstrak skripsinya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Inggris Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Metadiscourse; Metadiscourse Categories. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Khusaini Nabalah Kayyisu | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2017 07:31 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2017 07:31 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15458 |
Actions (login required)
View Item |