Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam surat al-Ma'un perspektif Tafsir al-Maraghi dan Tafsir al-Misbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Wakid Abdul (2017) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam surat al-Ma'un perspektif Tafsir al-Maraghi dan Tafsir al-Misbah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh adanya kegelisahan tentang merosotnya akhlak di kalangan bangsa. Adanya tindak kriminal, kezaliman, Korupsi, Nepotisme, kemiskinan dan degradasi moral bangsa di semua kalangan masyarakat merupakan penyebab kemerosotan akhlak. Pendidikan adalah sebagai suatu alat untuk menanggapi permasalahan tersebut. Menyadari pentingnya kedudukan dan fungsi Al-Qur’an bagi umat manusia, maka dari keadaan inilah penulis tertarik untuk mengkaji lebih Mendalam Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Surat Al-Ma’un Perspektif Tafsir Al-Misba Dan Al-Maraghi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam surat Al-Ma’un Perspektif Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Maraghi dan Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam surat Al-Ma’un Perspektif Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Maraghi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Sumberdata primernya adalah Kitab Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Maraghi. Sedangkan data sekundernya buku-buku atau tulisan yang ada relevansinya dengan masalah penelitian. Untuk kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Metode yang digunakan adalah Metode rekord (dokumentasi) Dimana mencari dan menemukan data dengan cara membaca, mengkaji, mempelajari literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang akan dibahas, kemudian data yang diperoleh dikumpulkan, dan dianalisa dengan baik sesuai dengan aturan yang ditentukan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Akhlak yang relevan dan sesuai dengan nilai Pendidikan Karakter yang dicanangkan oleh KEMENDIKBUD yang berjumlah 18 peneliti menemukan 5 kriteria nilai pendidikan karakter yang sama diantaranya pada nomor1. Religius, 2. jujur, 4. Disiplin, 5. Kerja keras, 6. Kreatif , 11. Cinta tanah air, poin 13. Bersahabat/Komunikatif, 14. Cinta Damai, 16. peduli lingkungan, 17. peduli social, 18. Tanggung jawab. Selengkapnya Nilai-nilai pendidikan Karakter yang peneliti temukan dalam nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam surat al-maun perspektif tafsir al-misbah dan al-maraghi yaitu Pentingnya penanganan dan pengelolaan anak yatim, Menyantuni Fakir Miskin, Taqwa (Tidak lalai dalam sholat) Akhlak Terpuji (Ihlas menjauhi sifat Riya’) dan yang terakhir adalah Memberi Bantuan menjauhi sifat kikir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Wakid Abdulaziz.kanor@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan
Keywords: Nilai pendidikan; Nilai akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aziz Wakid Abdul
Date Deposited: 16 Mar 2017 02:34
Last Modified: 17 Mar 2017 19:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15569

Actions (login required)

View Item View Item