This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmatullah, Ahmad (2017) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN AQIDAH DAN AKHLAK MENURUT MIFTAHUL LUTHFI MUHAMMAD DALAM BUKU FILSAFAT MANUSIA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (926kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (730kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (977kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (318kB) | Preview |
Abstract
Miftahul Luthfi Muhammad adalah seorang guru, kyai, motivator dan dai yang mendedikasikan hidupnya untuk umat. Sosoknya lebih banyak dikenal sebagai kyai lingkungan karena sering mendakwahkan hablum minal alam dan juga melakukan bakti sosial untuk kesejahteraan alam dan umat. Selain itu ia juga aktif menghasilkan karya tulis buah dari pemikiran-pemikirannya. Salah satunya buku yang berjudul filsafat manusia upaya memanusiakan manusia, yang di dalamnya terkandung pendidikan aqidah dan akhlak. Adapun fokus penelitian ini pada nilai pendidikan aqidah dan akhlak dalam buku filsafat manusia karya Miftahul Luthfi Muhammad.Rumusan masalah yang menjadi fokus peneliti adalah mencari; 1) Konsep nilai pendidikan aqidah, 2) Pola pendidikan akhlak dan 3) Konsep memanusiakan manusia menurut Miftahul Luthfi Muhammad dalam buku Filsafat Manusia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan konsep nilai-nilai pendidikan aqidah dan pola pengajaran akhlak. Serta cara memanusiakan manusia dalam pendidikan islam yang terkandung pada buku filsafat manusia. Yang kemudian di relevansikan dengan pendidikan agama islam dan budi pekerti. Adapun jenis penelitian berupa penelitian kualitatif dengan pendekatan konten analisis yang secara sederhana dapat diartikan sebagai kegiatan mengumpulkan dan menganalisis muatan sebuah teks kemudian diberi interpretasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat yaitu pembacaan yang berulang-ulang dan dilanjutkan dengan pencatatan yang sesuai dengan rumusan masalah. Sedangkan analisis data terdiri dari; pengolahan data, pengorganisasian data dan penarikan kesimpulan. Nilai-nilai pendidikan aqidah dan akhlak yang terkandung dalam buku filsafat manusia yaitu; 1) Konsep pendidikan aqidah berupa Triple I yang melahirkan pendidikan rabbani. Yaitu pendidikan yang orisinil para nabi-nabi terdahulu, dimulai dengan tazkiyatun nafs dan islahul qalbi 2) Pola pendidikan akhlak berupa adabiyah dalam ta’lim dan muta’alim dan bermajlis ilmu menuju masyarakat berperadaban dengan berilmu 3) Konsep memanusiakan manusia yaitu mendalami eksistensi manusia berupa hakekat manusia dan jiwanya, serta mengolah kecerdasan intuisional disamping tiga kecerdasan yang lain. Terakhir, relevansi pendidikan islam dalam buku filsafat manusia terhadap pendidikan agama islam dan budi pekerti.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Aqidah Aqidah Wajib Belajar > Aqidah Akhlak Adab Etika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Rahmatullah Ahmad | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2017 08:41 | ||||||
Last Modified: | 27 Feb 2017 08:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15642 |
Actions (login required)
View Item |