Penggunaan strategi SQ3R untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi penyesuaian diri pada makluk hidup di kelas V A Mi Salafiyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Aini Latifatun (2017) Penggunaan strategi SQ3R untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi penyesuaian diri pada makluk hidup di kelas V A Mi Salafiyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilakukanya penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri pada makhluk hidup di MI Salafiyah Surabaya. Dibuktikan dari nilai rata-rata hasil tes pra siklus dari 40 siswa kelas V-A 23 siswa yang tuntas dalam tes. Penyebabnya adalah siswa memiliki sikap kritis tapi tidak diimbangi penggunaan strategi yang tepat sehingga siswa bosan. Solusi mengatasi masalah ini adalah menerapkan strategi SQ3R.Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran SQ3R dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri pada makhluk hidup di kelas V A MI Salafiyah Surabaya, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri pada makhluk hidup di kelas V A MI Salafiyah Surabaya dengan menggunakan strategi SQ3R.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian 40 siswa kelas V-A MI Salafiyah Surabaya tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis menggunakan butir soal uraian tes pemahaman siswa, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan strategi pembelajaran SQ3R pada mata pelajaran IPA materi penyesuaian diri pada makhluk hidup terhadap aktivitas pembelajaran di kelas V A MI Salafiyah Surabaya sangat baik. Skor aktivitas guru adalah 82,4 (sangat baik) pada siklus I naik menjadi 91,37 (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami kenaikan skor dari 79,62 (sangat baik) pada siklus I menjadi 89,65 (sangat baik) pada siklus II. 2) Pemahaman siswa pada materi penyesuaian diri pada makhluk hidup di kelas V A MI Salafiyah Surabaya mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketika pra siklus mendapat nilai rata-rata kelas sebesar 69,7 (tidak baik) dan 83,25 (sangat baik) pada siklus I menjadi 94,75 (sangat baik) pada siklus II. Persentase tingkat ketuntasan belajar sebesar 57,5% (tidak baik) pada pra siklus, pada siklus I 90% (sangat baik), sedangkan pada siklus II 100% (sangat baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Aini LatifatunAinizahra11!@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Pd Zahro Aini Latifatun
Date Deposited: 01 Mar 2017 07:31
Last Modified: 27 Jan 2020 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15644

Actions (login required)

View Item View Item