KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PRA DAN PASCA PANEN PADI DI DUSUN ALASTUWO DESA MOJOMALANG KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Dian Yulia (2017) KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PRA DAN PASCA PANEN PADI DI DUSUN ALASTUWO DESA MOJOMALANG KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yakni bagaimana kehidupan sosial ekonomi masyarakat pra dan pasca panen padi di dusun Alastuwo desa Mojomalang kecamatan Parengan kabupaten Tuban dan bagaimana strategi ekonomi keluarga tani dalam mempertahankan kelangsungan hidup di masa pra dan pasca panen padi di dusun Alastuwo desa Mojomalang kecamatan Parengan kabupaten Tuban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Pra dan Pasca Panen Padi di Dusun Alastuwo Desa Mojomalang Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban adalah Teori Tindakan Sosial dan Tindakan Ekonomi Max Weber. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa; Kehidupan sosial ekonomi masyarakat sangat beranekaragam yang terbentuk dari hasil panenan padi. Serta perubahan gaya hidup warga yang beranekaragam dalam memanfaatkan hasil panen padi dengan pertimbangan-pertimbangan matang agar hasil panen bisa mencukupi kebutuhan selama satu tahun. Selain hal tersebut juga ditemukan bahwa; 1) kehidupan sosial ekonomi masyarakat akan meningkat, ketika masyarakat panen padi. Karena mereka dapat memenuhi segala macam kebutuhan, tidak hanya kebutuhan primer, sekunder maupun kebutuhan tersier, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan tradisi seperti hajatan, syukuran, selamatan, dan lain sebagainya. Sedangkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat akan menurun, ketika menunggu panen padi dan menunda segala macam kebutuhan keluarga seperti pembayaran pendidikan anak serta kebutuhan tradisi seperti syukuran, hajatan, dan lain sebagainya, yaitu sekitar empat bulan setengah antara bulan November sampai Maret. Sebagian dari mereka, harus menjual beberapa aset yang dimiliki seperti hewan peliharaan, perhiasan, dan lain sebagainya untuk mencukupi kebutuhan pada masa sebelum panen, karena masyarakat juga sangat kesulitan dalam modal untuk menanam padi kembali. 2) Strategi yang mereka lakukan dalam mempertahankan kelangsungan hidup di masa pra dan pasca panen padi agar tetap sama adalah bekerja pada sektor lain seperti (beternak dirumah atau disawah, buruh tani, bekerja di kota terdekat, bekerja di TPA, mendirikan toko atau warung, berjualan sayur keliling, berjualan gorengan keliling, berdagang di pasar), menanam tanaman lainnya di sawah atau tegalan, mendahulukan kebutuhan daripada keinginan, menyimpan sebagian hasil panen padi untuk membeli barang-barang berharga (aset) yang akan terjual mahal dan masih standart, serta tetap hidup sederhana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Dian YuliaYuliadian386@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rahmawati Dian Yulia
Date Deposited: 28 Feb 2017 06:22
Last Modified: 28 Feb 2017 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15745

Actions (login required)

View Item View Item