NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AKTIVITAS AISYAH RA. SEBAGAI PEMBIMBING UMAT (STUDI TERJEMAH KITAB SÎRAH AS-SAYYIDAH ‘ÂISYAH UMMIL MU’MINÎN RA.)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmati, Maria Ulfa (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AKTIVITAS AISYAH RA. SEBAGAI PEMBIMBING UMAT (STUDI TERJEMAH KITAB SÎRAH AS-SAYYIDAH ‘ÂISYAH UMMIL MU’MINÎN RA.). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Pendidikan nilai-nilai Islam dimaksudkan untuk membantu seseorang agar lebih memahami nilai-nilai dalam Islam, serta mampu menempatkannya secara integral dalam kehidupan. Salah satu cara yang dapat digunakan ialah melalui kisah sejarah tokoh Islam. Aisyah ialah tokoh penting yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupannya, seorang wanita yang terdidik di madrasah kenabian dan tumbuh dibawah naungan dakwah, ia tumbuh menjadi wanita yang cerdik, ahli fiqih dan seorang wanita yang alim, sehingga Rasulullah saw. mempercayainya. Aisyah merupakan rujukan atas berbagai ilmu dan permasalahan di zamannya. Bahkan, para sahabat senior sering bertanya dan berkonsultasi kepadanya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis akan membahas mengenai kajian teori tentang nilai-nilai pendidikan Islam dan studi terjemah kitab Sîrah As-Sayyidah ‘Âisyah Ummil Mu’minîn RA. karya as-Sayyid Sulaiman an-Nadawi, yakni kajian sejarah tentang biografi dan aktivitas Aisyah ra. sebagai pembimbing umat Islam sepeninggal Rasulullah saw. Dan selanjutnya menganalisis terkait nilai-nilai pendidikan Islam yang tercermin dalam aktivitas Aisyah ra. sebagai pembimbing umat. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang berbentuk deksriptif dan jenis penelitiannya adalah kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan historis (sejarah). Adapun sumber datanya diambil dari data primer berupa buku-buku terjemahan kitab Sîrah As-Sayyidah ‘Âisyah Ummil Mu’minîn RA., dan data sekunder berupa buku-buku mengenai nilai-nilai pendidikan Islam serta biografi kehidupan Sayyidah Aisyah ra. Berdasarkan analisis yang dilakukan penulis terkait nilai-nilai pendidikan Islam yang tercermin dalam aktivitas Aisyah ra. sebagai pembimbing umat, maka didapatkan hasil: Nilai pendidikan keimanan (aqidah) meliputi kepribadian Aisyah yang senantiasa berpegang teguh pada al-Qur’an dan al-Hadits, serta larangan tegas untuk berbuat syirik. Nilai Ibadah (syari’ah) meliputi lima hal yaitu, Aisyah mengasuh dan menyayangi anak yatim, perintah menghargai waktu, menyempurnakan wudhu, membaca al-Qur’an dengan tartil, dan perintah menutup aurat secara sempurna. Sedangkan dalam Nilai Akhlak meliputi teladan dalam kasih sayang terhadap muridnya, menjaga agar tidak terjadi ikhtilath, menghormati setiap tamunya, bersikap objektif dan rendah hati, serta dermawan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmati, Maria Ulfamariarohmati230@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat Islam
Pendidikan Islam
Wanita
Sejarah > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohmati Maria Ulfa
Date Deposited: 28 Feb 2017 05:00
Last Modified: 28 Feb 2017 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15746

Actions (login required)

View Item View Item