This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayatulloh, Hidayatulloh (2016) Peningkatan mutu pendidikan di sekolah berkategori the outstanding school of Muhammadiyah: studi kasus di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (898kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (17MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menjawab tiga pertanyaan: (1) Bagaimanakah upaya peningkatan mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo?, (2) Bagaimanakah manajemen mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo?, dan (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo? Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini menghasilkan jawaban sebagai berikut: (1) Peningkatan mutu SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dilakukan melalui: evaluasi diri dan penyusunan program sekolah, penguatan visi, misi, dan tujuan pendidikan, penguatan kepemimpinan dan teamwork, peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, peningkatan mutu input peserta didik, pengembangan kurikulum dan pembelajaran, pengembangan kultur sekolah, pengembangan sarana dan prasarana, pengembangan pengabdian kepada masyarakat, kerjasama pendidikan dan pertukaran pelajar, mobilisasi sumber dana pendidikan, pengembangan SIM, monitoring dan evaluasi, dan pengembangan sistem manajemen mutu pendidikan; (2) Manajemen mutu SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dijalankan dengan pola input-proses-output. Pada proses mutu terdiri dari proses perencanaan mutu, proses inti, proses pendukung, dan proses peningkatan mutu; dan (3) Faktor yang mendukung peningkatan mutu: nama besar Muhammadiyah, doktrin peningkatan mutu pendidikan, kepemimpinan berparadigma TORSIE, semangat berprestasi warga sekolah, sinergitas warga sekolah, fasilitas yang memadai, dan dukungan dari berbagai pihak. Penelitian ini menghasilkan tiga proposisi teoretik: (1) Pemilihan strategi secara tepat mampu meningkatkan mutu pendidikan; (2) Implementasi manajemen mutu pendidikan secara konsisten akan menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan; dan (3) Keunggulan dan kemampuan sekolah dalam memberikan pelayanan terbaik meningkatnya kepercayaan dan penghargaan dari berbagai pihak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen | ||||||||
Divisions: | Program Doktor > Dirasah Islamiyah | ||||||||
Depositing User: | Hidayatulloh Hidayatulloh | ||||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2017 08:07 | ||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2019 06:39 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15809 |
Actions (login required)
View Item |