Undang - undang sisdiknas no 20 tahun 2003 tentang kurikulum pendidikan diniyah formal dan implementasinya di pondok pesantren Nurul Qodim Kalikajar kecamatan Paiton kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kulsum, Umi (1994) Undang - undang sisdiknas no 20 tahun 2003 tentang kurikulum pendidikan diniyah formal dan implementasinya di pondok pesantren Nurul Qodim Kalikajar kecamatan Paiton kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Undang - Undang Sisdiknas No.20 tahun 2003 di Pondok Pesantren Nurul Qodim Probolinggo dan bagaimana eksistensi program kurikulum Madrasah Diniyah Formal di Pondok Pesantren Nurul Qodim Probolinggo serta bagaimana Undang – Undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003 dalam pelaksanaan Kurikulum Pendidikan diniyah Formal di Pondok Pesantren Nurul Qodim Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif yang mana penelitiannya bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena tertentu dengan bertumpu pada prosedur – prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku secara holistic (utuh). Dalam penelitian deskriptif-kualitatif, data yang dikumpulkan bukan berupa angka - angka, melainkan data tersebut mungkin berupa naskah wawancara, dokumen pribadi, catatan lapangan, dan dokumen - dokumen resmi lainnya.
Setelah dilakukan penelitian, hasil dari penelitian ini adalah kurikulum diniyah formal yang ada di pondok pesantren Nurul Qodim Telah sesuai dengan peraturan pemerintah meski itu hanya 80 persen. Kurikulum yang digunakan yakni kurikulum pesantren dan kurikulum nasional yang dikolaborasikan untuk dijadikan kurikulum madrasah diniyah formal di Nurul Qodim Probolinggo yang Mana Untuk kurikulum pendidikan diniyah formal di nurul qodim ini murni dari kurikulum pesantren akan tetapi mengkolaborasi antara kurikulum pesantren dan pemerintah untuk memenuhi syarat menjadi pendidikan diniyah formal meski lebih mengutamakan pendidikan salaf. Yang mengacu pada kurikulum standart Nasional yakni musabaqoh qiroatul qutub yang dilaksanakan 3 tahun sekali di Indonesia baik even dari tingkat nasional maupun tingkat provensi dari acuan tersebut tinggal merumuskan mata pelajaran yang harus dimasukkan dari standart sesuai jenjang madrasah diniyah formal di Pondok Pesantren Nurul Qodim Kalikajar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kulsum, Umifauziahmat48@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Undang- undang SISDIKNAS No 20 Tahun 2003; Kurikulum Pendidikan Diniyah Formal; Pondok Pesantren Nurul Qodim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kulsum Umi
Date Deposited: 02 May 2017 05:09
Last Modified: 02 May 2017 05:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16422

Actions (login required)

View Item View Item