This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Badriyah, Badriyah (2017) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (244kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter bukan sekedar mengajar mana yang benar dan mana yang salah, lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal mana yang baik sehingga peserta didik menjadi paham (kognitif) tentang mana yang benar dan salah, mampu merasakan (afektif) nilai yang baik dan biasa melakukannya (psikomotorik). Dengan kata lain, pendidikan karakter yang baik harus melibatkan bukan saja aspek pengetahuan yang baik (moral knowing), akan tetapi juga merasakan dengan baik atau loving good (moral feeling), dan perilaku yang baik (moral action). Maka dari itu pendidikan karakter menekankan pada habit atau kebiasaaan yang terus menerus dipraktikkan dan dilakukan. Penulisan ini merupakan jenis analisis isi kualitatif (content analysis). Objek utama analisis ini adalah novel yang mana dideskripsikan dengan cara menggambaran dan menjelaskan teks-teks dalam novel yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dengan menguraikan dan menganalisis serta memberikan pemahaman atas teks-teks yang dideskripsikan. Dan metode yang digunakan adalah metode dokumentasi yang mana mencari data mengenai hal-hal berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, artikel dan sebagainya. Novel Ranah 3 Warna mengandung beberapa nilai pendidikan karakter, yaitu: a). Nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, yakni sikap religius b). Nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan diri sendiri, yakni pantang menyerah, bekerja keras, tawakkal, dll c). Nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan sesama, yakni menghargai karya orang lain d). Nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan lingkungan dan sekitarnya, yakni tolong menolong, peduli lingkungan dan e). Nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan kebangsaan, yakni rasa nasionalisme terhadap tanah air. Adapun relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna terhadap pendidikan agama islam adalah implementasi nilai pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah, lingkungan dan rumah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan - Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Badriyah Badriyah | ||||||
Date Deposited: | 02 May 2017 06:36 | ||||||
Last Modified: | 02 May 2017 06:36 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16612 |
Actions (login required)
View Item |