Etika politik dalam pandangan Lembaga Tarekat Shiddiqiyyah Losari Ploso Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Eli (2017) Etika politik dalam pandangan Lembaga Tarekat Shiddiqiyyah Losari Ploso Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Etika menjadi sangat penting untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi dasar seseorang ataupun kelompok dalam mengatur tingkah lakunya, terutama dalam berpolitik. Dimana menghilangkan penggunaan “menghalalkan segala cara” dalam mencapai suatu tujuan yang dampaknya dapat merugikan orang lain. Tujuan etika politik ialah mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang bermartabat. Skripsi yang berjudul “Etika Politik dalam Pandangan Lembaga Tarekat Shiddiqiyyah Losari-Ploso-Jombang” menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian lapangan. Permasalahan penelitian ini difokuskan pada rumusan masalah tentang etika politik dalam pandangan Lembaga Tarekat Shiddiqiyyah dan penerapan nilai-nilai etika politik yang dilakukan Lembaga Tarekat Shiddiqiyyah serta warganya. Hasil penelitian mengenai etika politik dalam pandangan Lembaga Tarekat Shiddiqiyyah di Jombang ialah pertama, tidak secara tertulis dan menurut Lembaga Tarekat Shiddiqiyyah etika politik ada dua sudut pandang yakni ada di dalam Al-Quran dan dipraktekkan Rasulullah yang terkandung dalam surat Al-Hujurot ayat 13 dan Pancasila sebagai sumber etika politik Indonesia. Kedua, Shiddiqiyyah dalam menerapkan nilai-nilai etika politik mencoba membangun ruang publik yang berakar dari orientasi publik yang berpijak pada konsep kepentingan bersama seperti membangun Pesantren Politik Jati Diri Bangsa, mengkritisi pemerintah, dan memberikan kesadaran pada masyarakat. Pada penerapan etika politik secara individual, murid Shiddiqiyyah ketika ingin terjun dalam dunia politik praktis masih belum dapat merealisasikan nilai-nilai etika politik dalam perilaku. Hal ini dikarenakan salah satu murid Shiddiqiyyah kemudian tersandung kasus penyalahgunaan keuangan di lingkup lembaga Shiddiqiyyah pada saat akan mencalonkan diri sebagai anggota DPR. Dan juga terjadi pada salah seorang murid Shiddiqiyyah yang berpolitik praktis masih belum dapat mewujudkan nilai-nilai etika politik yaitu nilai keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena, kurangnya perhatian pemerintah daerah terhadap kemaslahatan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Elieli.wahyuni66@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Politik > Politik Islam
Keywords: Etika politik; tarekat Shiddiqiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Wahyuni Eli
Date Deposited: 12 May 2017 08:37
Last Modified: 18 Sep 2017 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16912

Available Versions of this Item

  • Etika politik dalam pandangan Lembaga Tarekat Shiddiqiyyah Losari Ploso Jombang. (deposited 12 May 2017 08:37) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item