Analisis hukum Islam terhadap jual beli barang temuan di sungai Kalingapuri Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Vittri (2012) Analisis hukum Islam terhadap jual beli barang temuan di sungai Kalingapuri Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vittri Susanti_C02208052 ok.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17051

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan : Bagaimana cara penduduk memperjualbelikan barang temuan di sungai Kalingapuri. Bagaimana analisis hukum Islam terhadap jual beli barang temuan di Sungai Kalingapuri. Data penelitian ini diperoleh dari desa Pangkahkulon sebagai obyek penelitian. Melalui observasi dan interview yang kemudian di analisis dengan metode deskriptif dengan pola berfikir induktif untuk mencari kesesuaian apakah praktik penerapan jual beli sesuai dengan konsep jual beli dalam hukum Islam. Sebagai ukuran dasar untuk penelitian yang lebih lanjut, penyusun menggunakan penelitian kepustakaan, yang berusaha mengkaji, menelaah dari berbagai literature baik yang sifatnya primer, maupun sekunder agar diperoleh kesimpulan yang sistematis, dan objektif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa jual beli barang temuan di desa Pangkahkulon kecamatan Ujungpangkah kabupaten Gresik adalah barang-barang yang yang ditemukan di sungai Kalingauri. Barang temuan tersebut adalah barang jualan yang dimuat oleh kapal yang kemudian kapal tersebut tenggelam dan barang yang dimuatnya itu hanyut ke sungai Kalingapuri. Harga yang ditawarkan sudah ditentukan oleh penjual, dan harganya tidak sama dengan yang ada di toko.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, Vittri--C02208052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hamidy, Abu DzarrinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Keywords: Jual beli; barang temuan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 May 2017 08:33
Last Modified: 29 Dec 2023 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17051

Actions (login required)

View Item View Item