Analisis hukum Islam terhadap kemurtadan dalam pernikahan muallaf di Kecamatan Driyorejo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Laily Iklimatul (2012) Analisis hukum Islam terhadap kemurtadan dalam pernikahan muallaf di Kecamatan Driyorejo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laily Iklimatul Fauziyah_C01208059 ok.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17245

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan sebagai berikut: Mengapa terjadi kemurtadan dalam pernikahan muallaf di Kecamatan Driyorejo? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kemurtadan muallaf kaitannya dengan hubungan pernikahan di Kecamatan Driyorejo? Data penelitian ini diperoleh dan dihimpun melalui observasi, wawancara dan study dokumen yang dianalisis dengan menggunakan metode diskriptif analisis dengan pola berpikir induktif. Dalam tahap ini peneliti akan menganalisis data dari berbagai sumber dengan sudut pandangan khusus yaitu kemurtadan dalam pemikahan muallaf di Kecamatan Driyorejo dan ditarik dengan sudut pandang yang umum yaitu analisis hukum Islam yang berupa istishab. Hasil penelitian menyimpulkan: kemurtadan dalam pernikahan muallaf di Kecamatan Driyorejo sangat ironis jika mereka Islam hanya karena ingin menikah dengan seorang muslim. Kebanyakan juga muslim yang dinikahinya masih awam, mereka mengenal Islam belum secara sempuma. Jadi sangat mudah mereka akan mengamini pernikahan tersebut. Mereka (para istri) dengan mudah menganggap bahwa mengajarkan Islam kepada orang muallaf (suami) nya tersebut hanya sebatas sholat, dan hal-hal wajib saja. Padahal para muallaf ini butuh pengajaran yang bias benar-benar membuat mereka yakin bahwa Islam inilah yang benar-benar akan menjadi agamanya sampai kapanpun. Karena dalam diri seorang muallaf masih terus merasakan keganjalan dengan agama baru yang diterimanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Laily Iklimatul-C01208059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMakinuddin, MakinuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam > Murtad
Nikah
Keywords: Kemurtadan; pernikahan muallaf
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2017 06:35
Last Modified: 01 Aug 2024 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17245

Actions (login required)

View Item View Item