Analisis hukum Islam terhadap pandangan tokoh agama tentang jual beli kulit hewan qurban dengan sistem lelang di Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asadullah, Miqdad (2012) Analisis hukum Islam terhadap pandangan tokoh agama tentang jual beli kulit hewan qurban dengan sistem lelang di Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miqdad Asadullah_C02207104 ok.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17288

Abstract

Untuk menjawab pertanyaan; Bagaimana praktek jual beli kulit hewan qurban dengan sistem lelang di Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo? Dan bagaimana analisis bukum Islam terhadap pandangan tokoh agama tentang jual beli kulit bewan qurban dengan sistem lelang di Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo? Data penelitian ini dihimpun secara observasi, interview, dan studi dokumentasi. Selanjutnya dianalisis deskriptif dengan pola fikir induktif. Yaitu mengumpulkan data tentang jual beli kulit hewan qurban dengan sitem lelang di Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo kemudian dianalisis dengan teori jual beli hukum islam kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan, bahwa praktek jual beli kulit hewan qurban dengan sistem lelang di Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo adalah penjual menawarkan kulit hewan qurban ditengah banyak pembeli, lalu para pembeli saling menawar dan yang berhak membeli adalah pembeli yang mengajukan harga paling tinggi dengan cara menulis namanya beserta suatu harga yang di tawarkan kedalam kertas atau kartu yang sudah disediakan oleh panitia penjualan kulit qurban. Praktek seperti itu yang menjadi perbedaan pendapat para tokoh agama di Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin Kabupaten sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asadullah, Miqdad--C02207104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafaah, SuqiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dagang > Hukum, Dagang
Hewan Kurban
Jual Beli
Keywords: Jual beli kulit; hewan qurban; sistem lelang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:38
Last Modified: 04 Jan 2024 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17288

Actions (login required)

View Item View Item