Studi komparatif antara hak asasi manusia dan hukum Islam terhadap aborsi yang dilakukan oleh korban perkosaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Riza Yuniar (2012) Studi komparatif antara hak asasi manusia dan hukum Islam terhadap aborsi yang dilakukan oleh korban perkosaan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riza Yuniar Sari_C03208023 ok.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17314

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan: apa yang dimaksud dengan HAM, hukum Islam dan aborsi yang dilakukan oleh korban perkosaan, bagaimana tinjauan terhadap aborsi yang dilakukan oleh korban perkosaan perspektif hak asasi manusia dan hukum Islam. Data penelitian dihimpun melalui pembacaan dan kajian teks (tex reading) dan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-analisis dengan metode pendekatan normative. Analisa data yang digunakan adalah metode deduktif dan metode komparatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa korban perkosaan adalah orang yang mengalami pelampiasan nafsu dengan cara yang melanggar moral dan hukum. Menurut UU HAM, aborsi yang dilakukan oleh korban perkosaan melanggar hak asasi manusia, yang meliputi hak reproduksi wanita dan hak janin. Jika keduanya saling melanggar, diutamakan yang memilih hak yang paling penting untuk dipertahankan. Jika menurut hukum Islam dengan menggunakan pandangan Imam Safi'i yang mengutamakan kemaslahatan bagi setiap umat, apabila terjadi pertentangan antara dua kemudaratan, maka diambil yang lebih kecil mudharatnya. Kesimpulannya, aborsi oleh korban perkosaan yang menuai banyak kontroversi, secara penelitian tinjauan yuridis yang dilakukan oleh korban perkosaan diperbolehkan. Dengan syarat dan ketentuan yang telah diatur oleh undang-undang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Riza Yuniar--C03208023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMawardi, Ahmad ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aborsi
Aborsi

Hak Asasi Manusia
Keywords: Hak asasi manusia; aborsi; korban perkosaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2017 02:23
Last Modified: 04 Jan 2024 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17314

Actions (login required)

View Item View Item