This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Roji, M. Fatkhur (2012) Model komunikasi guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab: studi kualitatif pada guru MTs Fadllillah Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (460kB) |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Download (5MB) |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (368kB) | Preview |
Abstract
Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana model komunikasi guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab? Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskri ptif kualitatif. Sesuai dengan persmasalahan tersebut maka tekni k pengum pulan data yang dipakai adalah pengamatan wawancara mendalam , keikutsertaan, selain itu untuk menegaskan keabsahan data dilakukan melal ui ketekunan pengamatan dan trianggulasi data. Dari hasil penelitian ditemukan: Model komunikasi yang digunakan oleh guru Mts Fadllillah adalah model komunikasi antar pribadi (interpersonal communications) yang mana komunikasi yang berlangsung diantara dua orang, tiga atau bahkan empat orang yang terjadi secara spontan dan tidak terstruktur. Menggunkan model komunikasi Stimulus-Respon yang menunjukkan komunikasi sebagai suatu proses "aksi-reaksi yang sesederhana mungkin. Penggunaan bahasa verbal dan nonverbal untuk membantu dalam menyampaikan materi. Dari basil penelitian ini, beberapa saran yang sekiranya dapat dijadikan bahan pertimbangan yakni: 1). Dalam melakukan proses pembelajaran dan kreatifitas pada pengembangan methode pendidi kan dan pengajaran , perlu adanya pelati han tentang model berkomunikasi penyam paian materi atau pesan terhadap peserta didik bagi pengajar dan pendidik. 2). Bagi seorang guru pengajar dan pendidik selain menerapkan methode pengajaran secara langsung yang disebut dengan (Direct Methode) sebaiknya di kembangkan lagi dengan memakai saran multi media, dengan menambahkan media audio visual sebagai sarana pembalajaran berbahasa arab di Mts Fadllillah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Komunikasi | ||||||
Keywords: | Model komunikasi; guru; bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2017 02:44 | ||||||
Last Modified: | 08 Dec 2017 14:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17482 |
Actions (login required)
View Item |