Nilai-nilai humanistik advokasi fikih al-Imam al-Shafi’i terhadap wanita

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Sokhi (2002) Nilai-nilai humanistik advokasi fikih al-Imam al-Shafi’i terhadap wanita. In: Antologi kajian Islam: tinjauan tentang filsafat, tasawwuf, institusi, pendidikan, Quran, hadith dan hukum. 2 . Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, pp. 145-156.

[img]
Preview
Text
Sokhi Huda_Nilai-nilai humanistik advokasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Shari‘ah bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan manusia sebagai fokus. Di sini, Tuhan tidak berkepentingan apa pun terhadap shari‘ah yang dibuatNya. Sebaliknya, shari‘ah merupakan legitimasi atas perilaku manusia sesuai kadar human¬istiknya, yang diterjemahkan kedalam bentuk fikih. Sebagai subjek hukum, baik laki-laki maupun wanita dipandang setara, kontras terhadap latar sosiokultur sebelum Islam datang, yang memandang rendah terhadap wanita. Advokasi fikih al-Imam al-Shafi‘i dilakukan dengan cara memulia¬kan, menghidupkan fungsi, memberi kebebasan, menyediakan perangkat perlindungan diri, memperjuangkan hak-hak, dan mengangkat harkat wanita sebagai human. Advokasi dilakukan dengan tujuan agar wanita memperoleh dinamikanya sebagai persona dan sebagai realitas, untuk pencapaian eksistensi, definisi, dan makna hidupnya, yang bergerak untuk mengabdi kepada Tuhan. Ini semua mempunyai nilai dalam fikih yang berorientasi kemanusiaan. Nilai-nilai itu didasarkan pada pandangan bahwa sebagai human, wanita terikat oleh sistem kediriannya, yaitu: (1) untuk tidak dipandang rendah, (2) untuk memperoleh kebebasan berkreasi, berprestasi, dan menentukan apa yang terbaik dan bermanfaat bagi dirinya, (3) untuk dipercaya bahwa dirinya mampu dan bertanggungjawab untuk mengatur diri dan dunianya, (4) untuk dihargai sebagai subjek dalam fungsi dan peran kehidupannya, dan bahkan (5) untuk dilindungi, disebabkan oleh kondisi objektif dirinya. Kelima unsur itu meminta respon hukum secara riil-definitif. Nilai-nilai itu dilatarbelakangi oleh (1) faktor-faktor internal berupa pengalaman pribadi dan kebutuhan alami fikih, dan (2) faktor-faktor eksternal berupa aspek-aspek sosial, politik, budaya, dan agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book Section
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Sokhisokhihuda@zoho.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih > Fikih Wanita
Keywords: Nilai humanistik; advokasi fikih; fikih wanita
Divisions: Antologi
Depositing User: Sokhi Huda
Date Deposited: 21 Mar 2018 04:38
Last Modified: 21 Mar 2018 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17907

Actions (login required)

View Item View Item