Perkembangan sholawat wahidiyah di Kelurahan Bandar Lor Mojoroto Kediri Jawa Timur pada masa kh. Abdul Latif Madjid (1989-2015)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulistyawati, Sa'adah (2017) Perkembangan sholawat wahidiyah di Kelurahan Bandar Lor Mojoroto Kediri Jawa Timur pada masa kh. Abdul Latif Madjid (1989-2015). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi .pdf

Download (295kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Biografi KH. Abdul Latif Madjid? 2) Bagaimana Sholawat Wahidiyah di bawah kepemimpinan KH. Abdul Latif Madjid? dan 3) Bagaimana pandangan masyarakat terhadap Perkembangan Sholawat Wahidiyah pada masa KH. Abdul Latif Madjid?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode sejarah. Adapun metode penulisan sejarah yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan beberapa langkah yaitu heuristik (mengumpulkan arsip-arsip terkait dengan perkembangan sholawat wahidiyah), verifikasi (kritik terhadap data), interpretasi (penafsiran), serta historiografi (penulisan sejarah). Sedangkan pendekatan dan teori yang digunakan adalah pendekatan sejarah (mendeskripsikan peristiwa pada masa lampau) dan teori yang digunakan yaitu teori kepemimpinan, teori peran dan teori tingkah laku kumpulan masa (collective behavior). Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) KH. Abdul Latif Madjid lahir di lingkungan pesantren pada tanggal 15 Agustus 1952. Setelah tamat sekolah beliau membentuk organisasi-organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan moral kaum muda. 2) perkembangan sholawat wahidiyah pada saat kepemimpinan KH. Abdul Latif Madjid sangat berkembang pesat, baik di bidang pendidikan, ekonomi, maupun jumlah pengamal sholawat wahidiyah. Di bidang peendidikan menambahkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wahidiyah (STIEWA) pada tahun 1998 yang pada tahun 2015 berubah menjadi Universitas Wahidiyah (UNIWA). Di bidang ekonomi mengangkat perekonomian para pengamal dengan membentuk koperasi wahidiyah dan ekspo wahidiyah pada saat mujahadah kubro serta meluasnya jumlah pengamal dari dalam negeri hingga luar negeri. 3) pandangan masyarakat terhadap perkembangan sholawat wahidiyah pada masa KH. Abdul Latif Madjid antara lain: dari tokoh masyarakat (Drs. R. Dani Budi Pulasto selaku Kepala Desa Kelurahan Bandar Lor, Didit Prihantoro, S. H, M.H selaku Kapolsek Mojoroto Kediri, Bapak Hanafi selaku Modin Kelurahan Bandar Lor), dari kalangan keluarga (Hj. Sholihah selaku Istri KH. Abdul Latif Madjid, Hj. Tutik Indiyah selaku Adik KH. Abdul Latif Madjid, Abdul Madjid Ali Fikri, M.Hum selaku Putra KH. Abdul Latif Madjid), dan dari kalangan santri (Amel Amilia, Binti Nafisatin, dan Nilna Muna selaku santri Pondok Pesantren Kedunglo Al-Munadhoroh). Mereka semua berpandangan bahwa pada umumnya perkembangan sholawat wahidiyah di bawah kepemimpinan KH. Abdul Latif Madjid sangat baik, karena bisa mengangkat perekonomian para pengamal maupun masyarakat sekitar Bandar Lor. Dalam bidang pendidikan sistem pengajarannya semakin maju serta jumlah pengamal sholawat wahidiyah hingga ke luar negeri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulistyawati, Sa'adahs.sulistya18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects:
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: sholawat; sejarah Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Sulistyawati Sa'adah
Date Deposited: 01 Aug 2017 06:56
Last Modified: 01 Aug 2017 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17973

Actions (login required)

View Item View Item