Studi Komparasi terhadap Produk Pembiayaan Talangan Haji di PT Tabung Haji Umrah Hanan Nusantara Surabaya dan BMT Sidogiri Sepanjang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vironika, Ari (2017) Studi Komparasi terhadap Produk Pembiayaan Talangan Haji di PT Tabung Haji Umrah Hanan Nusantara Surabaya dan BMT Sidogiri Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (678kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (440kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan judul “Studi Komparasi terhadap Produk Pembiayaan Talangan Haji di PT Tabung Haji Umrah Hanan Nusantara Surabaya dan BMT Sidogiri Sepanjang Sidoarjo”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan. Pertama, Bagaimana aplikasi produk pembiayaan talangan haji di PT Tabung Haji Umrah Hanan Nusantara Surabaya? Kedua, Bagaimana aplikasi produk pembiayaan talangan haji di BMT Sidogiri Sepanjang Sidoarjo? Ketiga, Apa ada persamaan dan perbedaan produk pembiayaan talangan haji di PT Tabung Haji Umrah Hanan Nusantara Surabaya dan BMT Sidogiri Sepanjang Sidoarjo? Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, interviu, dan studi dokumentasi dan selanjutnya dianalisa dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan terhadap suatu peristiwa, masalah atau keadaan tertentu yang menjadi objek penelitian, di mana dalam teknik ini menggambarkan tentang fakta aplikasi pembiayaan talangan haji. Kemudian diambil kesimpulan dengan menggunakan pola pikir komparatif yaitu mengemukakan aplikasi pembiayaan talangan haji dan memberikan suatu kesimpulan baik dari segi perbedaan dan persamaan talangan haji tersebut. Dari analisis tersebut akan disimpulkan perbedaan dan persamaan pembiayaan talangan haji di PT Tabung Haji Umrah Hanan Nusantara Surabaya dan BMT Sidogiri Sepanjang Sidoarjo. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari kedua aplikasi lembaga tersebut terdapat persamaan aplikasi pembiayaan talangan haji, diantaranya dari segi pendaftaran, melakukan pembayaran DP, pembukaan rekening di LKS, mendaftarkan ke KEMENAG bersama, dan mulai mengangsur setelah porsi haji keluar. Sedangkan perbedaan dalam aplikasi pembiayaan talangan haji ini diantaranya, nilai talangan yang diberikan kepada nasabah berbeda, PT Tabung Haji Umrah Hanan Nusantara sejumlah Rp. 28.800.000,00 dan BMT Sidogiri sejumlah Rp. 22.500.000,00, pembayaran angsuran di PT Tabung Haji Umrah sangat fleksibel sedangkan pembayaran angsuran di BMT Sidogiri flat, ujrah di PT Tabung Haji Umrah sejumlah 360.000 baik dalam masa angsuran 1,2 atau 3 tahun sedangkan di BMT Sidogiri sejumlah 337.500 setiap bulannya, dan akad yang digunakan dari kedua lembaga tersebut juga berbeda, PT Tabung Haji Umrah menggunakan akad qard wa ’ijarah dan BMT Sidogiri menggunakan akad Kafalah bi al-’ujrah. Dalam perspektif hukum Islam akad yang digunakan oleh PT Tabung Haji Umrah dan BMT Sidogiri telah sesuai, baik dari segi rukun dan syarat-syaratnya. Sejalan dengan kesimpulan diatas, Kepada PT Tabung Haji Umrah Hanan Nusantara Surabaya untuk lebih meningkatkan penjelasan kepada nasabah, agar nasabah lebih memahami akad yang digunakan di produk pembiayaan talangan haji. Sedangkan kepada BMT Sidogiri Sepanjang Sidoarjo untuk lebih meningkatkan kualitas produk pembiayaan talangan haji, agar bisa membantu para jemaah yang ingin perg ke baitullah namun masih kekurangan biaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vironika, Ariarivironika08@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Haji
Keywords: Talangan Haji; Pembiayaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: VIRONIKA ARI
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:41
Last Modified: 08 Aug 2017 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18502

Actions (login required)

View Item View Item