This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Syukrianto, Syukrianto (2017) Studi komparasi penerapan Pendidikan Agama Islam menggunakan pendekatan tematik: studi kasus di SMP Al Islah Surabaya dan SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (57kB) |
||
|
Text
Bab 1.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (521kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Download (266kB) |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (146kB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam selama ini kurang diminati oleh peserta didik sehingga menghasilkan manusia yang “Split Personality”, kolusi, korupsi dan nepotisme merajalela, terjadi dekadensi moral, disintegrasi dan wawasan kebangsaan yang sempit. Menyadari hal itu pemerintah mereorientasi pendidikan kearah pembentukan pribadi yang integral yang dirumuskan dalam kompetensi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perbandingan perencanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan pendekatan tematik di SMP Al- Islah Surabaya dan di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo?. 2). Bagaimana perbandingan pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan pendekatan tematik di SMP Al- Islah Surabaya dan di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo?. 3). Bagaimana perbandingan penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan tematik di SMP Al- Islah Surabaya dan di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo?. 4). Apa yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam dengan pendekatan tematik di di SMP Al- Islah Surabaya dan SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo?. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan metode penelitian ini adalah studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumenter dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data utama dan sumber data pelengkap.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Komparasi. Langkah- langkah dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan observasi, sedangkan analisis data adalah Reduksi data, Display data, Verifikasi dan Simpulan serta Validitas data. Dari analisis data diperoleh hasil: 1). Perbandingan Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan Tematik di SMP Al- Islah Surabaya memperoleh nilai 100 (Sangat baik). Sedangkan di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo memperoleh nilai 95 (Sangat baik). 2). Perbandingan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan Tematik di SMP Al- Islah Surabaya analisis aktivitas guru memperoleh nilai 93 (Sangat baik), dan aktivitas siswa memperoleh nilai 98 (Sangat baik), sedangkan analisis aktivitas guru di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo memperoleh nilai 68 (Cukup), dan aktivitas siswa memperoleh nilai 84 (Baik). 3). Perbandingan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan Tematik di SMP Al- Islah Surabaya memperoleh nilai 94 (Sangat baik), sedangkan analisis penilaian di SMP Isan Cendekia Mandiri Sidoarjo memperoleh nilai 85 (Baik). 4). Perbandingan hal yang mendukung dan menghambat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan Tematik adalah sikap mental guru, kemampuan guru, penyediaan media pembelajaran, kelengkapan kepustakaan dan penyediaan koran disekolah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan | ||||||
Keywords: | Penerapan Pendidikan Agama Islam; pendekatan tematik | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | SYUKRIANTO SYUKRIANTO | ||||||
Date Deposited: | 23 Aug 2017 07:44 | ||||||
Last Modified: | 23 Aug 2017 07:44 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18727 |
Actions (login required)
View Item |