Dakwah bil Qalam ustadz Ismail Idris Mustafa di Nusantara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Mukh. Khaidar (2017) Dakwah bil Qalam ustadz Ismail Idris Mustafa di Nusantara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukh. Khaidar Ali_B01213016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk mengungkap persoalan secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi tokoh dengan pendekatan ilmu dakwah yang berguna untuk memaparkan data dan fakta secara mendalam mengenai aktivitas dakwah bil qalam Ustadz Ismail Idris Musthafa di Nusantara. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan teori efek komunikasi massa. Teori efek komunikasi massa dipilih karena dakwah bil qalam juga merupakan salah satu bentuk komunikasi massa, sehingga untuk mengetahui efek yang dirasakan oleh masyarakat akan metode dakwah bil qalam yang dilakukan oleh Ustadz Ismail maka penulis menggunakan teori efek komunikasi massa tersebut untuk menganalisanya. Menurut Keith R. Stamm dan John E. Bowes. efek komunikasi massa bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Secara sederhana, efek komunikasi massa dibagi menjadi dua bagian dasar. Pertama, efek primer meliputi terpaan, perhatian, dan pemahaman. Kedua, efek sekunder meliputi perubahan tingkat kognitif (perubahan pengetahuan dan sikap), dan perilaku (menerima dan memilih). Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis taksonomi yang memusatkan perhatian pada domain tertentu, dan berguna untuk menggambarkan fenomena atau masalah sasaran studi. Ada satu fokus persoalan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu tentang aktivitas dakwah bil qalam Ustadz Ismail Idris Musthafa di Nusantara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses aktivitas dakwah bil qalam Ustadz Ismail Idris Musthafa di Nusantara. Dari penelitian tersebut Maka penulis menemukan kesimpulan proses aktivitas dakwah bil qalam Ustadz Ismail Idris Musthafa di Nusantara, peneliti mendapatkan 6 karya dari proses aktifitas dakwah bil qalam beliau. Buku-buku itu yaitu: QS (Al-Qur’an Quantum System); Cara cepat bisa baca Al-Qur’an tanpa huruf hijaiyah, Rambu-Rambu Tasawuf-Kitab Hikam Ibnu Athoillah As-Sakandary self publishing, Fakta Baru Matematika Al-Qur’an; Rahasia Angka dan Huruf dalam Ayat-Ayat Mutasyabihat, Strategi Iblis Menipu Daya Allah SWT, Integrasi Nahwu-Sharaf-Percepatan Membaca Kitab Kuning, Berlabuh Kehadirat Allah SWT. Demi kemajuan dalam syiar Islam di masa yang mendatang, diharapkan lebih banyak lagi penelitian-penelitian yang membahas tentang konsep dakwah bil qalam dalam penyebaran Islam yang lebih kontemporer. Agar pesan dakwah bisa dirasakan oleh banyak kalangan dan juga memiliki jangka waktu yang lebih panjang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Mukh. Khaidar--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Biografi
Keywords: Dakwah; Dakwah bil Qalam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ali Mukh.Khaidar
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:06
Last Modified: 01 Mar 2019 09:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18844

Actions (login required)

View Item View Item