Analisis isi pesan dakwah dalam rubrik majalah Hidayah Islam edisi bulan Agustus 2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arif, Muhammad Rizal (2017) Analisis isi pesan dakwah dalam rubrik majalah Hidayah Islam edisi bulan Agustus 2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (663kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji pesan dakwah yang tersaji dalam majalah Hidayah Islam edisi bulan Agustus 2016. Secara spesifik penelitian ini akan mengupas jenis pesan dakwah yang disampaikan dalam tulisan atau teks yang terdapat dalam majalah tersebut. Selain itu, penelitian ini juga akan menjawab pertanyaan tentang pesan dakwah yang mendominasi dalam majalah Hidayah Islam edisi bulan agustus 2016. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif. Dengan menggunakan unit analisis tematik dan sintaksis, penelitian ini lebih lanjut merumuskan indikator untuk menganalisa isi pesan yang terkandung di dalam teks. Setelah melakukan penelitian dalam majalah Hidayah Islam edisi bulan agustus 2016, peneliti mendapatkan bahwa teks majalah Hidayah Islam edisi bulan agustus 2016 memuat 3 pesan dakwah yakni pesan dakwah akidah, pesan dakwah syariah, dan pesan dakwah akhlak. Persentase muatan pesan dakwah yang paling dominan yakni pesan dakwah Akhlak sebanyak 42%. Yang diikuti persentase pesan dakwah syariah sebanyak 32% dan pesan dakwah akidah sebanyak 26%. Lebih lanjut peneliti membagi lagi muatan pesan dawah akhlak yang paling dominan yakni pesan habblum minannas (akhlak terhadap manusia) sebanyak 79,9%. Yang diikuti persentase pesan habblum minallah (akhlak terhadap Tuhan) sebanyak 8,5% dan pesan hablum minalalam (akhlak terhadap alam) sebanyak 11,5%. Penelitian ini hanya memfokuskan pada konten pesan dakwah, maka penelitian tentang masalah respon pembaca, efek terhadap pesan dakwah dapat diteliti oleh peneliti berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arif, Muhammad RizalRarif466@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Analisis isi; pesan dakwah; media dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arif Rizal Muhammad
Date Deposited: 10 Aug 2017 02:23
Last Modified: 10 Aug 2017 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18992

Actions (login required)

View Item View Item