This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sa’diah, Halimatus (2017) Pengaruh pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (238kB) | Preview |
|
Text
Bab 1.pdf Download (262kB) |
||
|
Text
Bab 2.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (849kB) | Preview |
|
Text
Bab 5.pdf Download (234kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Guru yang professional akan mampu memahami keadaan fisik dan psikis anak, dengan hal ini guru dapat mengubah dan menyesuaikan strategi atau pendekatan yang harus digunakan. Karena masing masing siswa memiliki karakteristik yang berbeda. Mengelola kelas dalam proses pemecahan masalah bukan terletak pada banyaknya macam kepemimpinan dan kontrol, tetapi terletak pada keterampilan memberikan fasilitas yang berbeda-beda untuk setiap peserta didik. Salah satu pendekatan dalam mengelola kelas adalah pendekatan sosio emosional. Pendekatan sosio emosional adalah suatu pendekatan yang menekankan pada hubungan interpersonal. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak, bagaimana hasil belajar siswa, serta bagaimana pengaruh pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistik regresi linier sederhana. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah Observasi, Interview, Angket serta Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah aklak di MA Darul Ulum Waru sangat baik. Hasil angket menunjukkan bahwa pendekatan sosio emosional sebesar 82,25%. Sedangkan hasil belajar siswa tergolong sangat baik hal ini bisa dilihat dari prosentase sebesar 91,01%. Hasil lain menunjukkan terdapat hubungan antara pendekatan sosio emosional terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru yang diperoleh 8,4%, sedangkan 91,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Misalnya, faktor lingkungan belajar maupun kecerdasan siswa sendiri seperi IQ, EQ, SQ dan sebagainya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen |
||||||
Keywords: | Pendekatan sosio emosional; Hasil Belajar; Guru dalam pembelajaran; Aqidah akhlak | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Sa'Diah Halimatus | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2017 07:38 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2017 07:38 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19467 |
Actions (login required)
View Item |