Kemampuan translasi antar representasi siswa SMP dalam materi persamaan linear satu variabel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Nur Umat (2017) Kemampuan translasi antar representasi siswa SMP dalam materi persamaan linear satu variabel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan translasi model representasi siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linier satu variabel. Bentuk-bentuk representasi yang ditranslasikan adalah translasi dari real script ke gambar statis dan sebaliknya, translasi real script ke simbol dan sebaliknya dan translasi gambar statis ke simbol dan sebaliknya. Kemampuan menterjemahkan merupakan pengalihan dari konsep abstrak ke suatu model atau simbol yang dapat mempermudah orang untuk mempelajarinya. Siswa SMP yang mulai dikenalkan dengan simbol, variabel dan lain sebagainya tentunya tidak semua memahami secara konseptual makna-makna/arti dari simbol-simbol matematis dan perubahan-perubahannya ke bentuk-bentuk representasi matematis lainnya. tentu menjadi tugas rumah yang cukup berat bagi pengajar/guru bagaimana memilih metode dan pemberian soal-soal yang melatih kemampuan translasi siswa-siswanya, maka dari itu penelitian ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam merancang strategi pembelajaran dengan memperhatikan kemampuan translasi model representasi matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Bilingual Al-Amanah, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan mengambil 8 (delapan) peserta didik secara acak dari satu kelas sebagai subjek penelitian. Berdasarkan analisis data hasil tes, diketahui bahwa kemampuan translasi siswa termasuk dalam kategori kurang sekali. Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan untuk membuat suatu bentuk sajian tertentu dari bentuk sajian yang lain ataupun melakukan manipulasi dalam suatu bentuk sajian tertentu. Hal ini dikarenakan kemampuan translasi yang dibahas dalam penelitian ini sebagian besar jarang ditemui siswa dalam keseharian pembelajarannya di kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Nur Umatnur_umatematika_mec@ymail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Representasi; translasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hidayatullah Nur Umat
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:17
Last Modified: 14 Aug 2017 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19498

Actions (login required)

View Item View Item