Ayat jihad dalam al Qur’an: telaah penafsiran ayat-ayat jihad menurut penafsiran ulama radikal dan moderat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afif, Muhammad (2017) Ayat jihad dalam al Qur’an: telaah penafsiran ayat-ayat jihad menurut penafsiran ulama radikal dan moderat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (546kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (557kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (650kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (836kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Jihad merupakan istilah yang sangat mulia dalam Islam. Tidak tanggung-tanggung, Allah akan menganugerahi surga yang bisa dimasuki tanpa hisab bagi orang yang shahid dalam rangka berjihad di jalan Allah. Namun sayang, istilah jihad ini sering kali dimonopoli dan dipahami secara tekstual oleh sekelompok tertentu. Dari sinilah peristiwa-peristiwa kekerasan sering terjadi di dunia dengan mengatasnamakan sebagai jihad dalam Islam demi tegaknya agama Allah. Jihad adalah melakukan segala usaha dan berupaya sekuat tenaga serta menanggung segala kesulitan dalam memerangi musuh dan menahan agresinya. Jihad juga memiliki arti mencurahkan segenap upaya di jalan Allah untuk melawan keburukan dan kebatilan. Dimulai dengan jihad terhadap keburukan yang ada di dalam diri dalam bentuk hawa nafsu dan godaan setan, dilanjutkan dengan melawan keburukan di sekitar masyarakat dan berakhir dengan melawan keburukan di manapun sesuai kemampuan. Jihad juga melibatkan aktifitas hati berupa niat dan keteguhan, aktifitas lisan berupa dakwah dan penjelasan, aktifitas intelektual berupa pemikiran dan ide serta aktifitas tubuh berupa perang dan lain sebagainya. Pada dasarnya ada persamaan persepsi mengenai pemaknaan jihad menurut kedua kelompok, baik moderat maupun radikal. Pada dasarnya, baik faham Moderat maupun faham Radikal mengakui adanya penshariatan jihad difa’i. Bahkan hampir seluruh umat Islam meyakini dishariatkannya jihad difa’i ini. Namun faham Moderat lebih menekankan jihad difa’i, sedangkan faham Radikal tampaknya lebih cenderung ke jihad talabi. Penelitian ini ditulis untuk mengkaji tentang penafsiran ayat-ayat jihad menurut faham Radikal, penafsiran ayat-ayat jihad menurut faham Moderat dan implementasi penafsiran ayat-ayat Jihad menurut kedua faham di atas dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan normative-kualitatif. Sedang tipe penelitiannya bersifat deskriptik-analitik, yakni penelitian yang memaparkan sejumlah data untuk kemudian dianalisis sedemikian rupa secara ilmiah guna mendapatkan kesimpulan yang valid dan dapat dipertanggung-jawabkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afif, Muhammadmuhammadafif916@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Jihad
Keywords: Jihad; radikal; moderat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Afif Muhammad
Date Deposited: 16 Aug 2017 06:35
Last Modified: 16 Aug 2017 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19673

Actions (login required)

View Item View Item