Manajemen sistem pendidikan pesantren studi kasus Pondok Pesantren Salafiyah Sa'idiyah Buduran Arosbaya Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musleh, Musleh (2017) Manajemen sistem pendidikan pesantren studi kasus Pondok Pesantren Salafiyah Sa'idiyah Buduran Arosbaya Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang manajemen sistem pendidikan pesantren Salafiyah Sa’idiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam terhadap subyek. Manajemen sistem pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah Sa’idiyah ini meluputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Pada perencanaan, sistem pendidikan semua stakholder terlibat mulai dari majelis pimpinan, pengurus dan ustadz, dengan mengadakan rapat komunal pada ajaran baru. Perencanaan tersebut mengacu kepada visi misi dan tujuan pesantren sebagaimana telah dirumuskan. Garapan dari perencanaan sistem pendidikan pesantren tersebut meliputi, visi misi, tujuan pesantren, perencanaan program kerja dan teknik pelaksanaannya, kurikulum dan keuangan pesantren. Pada pengorganisasian, pesantren membentuk departemen untuk melaksanakan rencana yang telah sepakati serta memberikan tugas dan wewenang kepada departemen (kabag). Pada pelaksanaan, Pondok Pesantren Salafiyah Sa’idiyah menyelenggarakan pendidikan formal yang kurikulumnya mengacu kepada kurikulum nasional dan non formal yang ditetapkan oleh pesantren sendiri melalui musyawarah internal pesantren, selain itu pesantren juga membuat beberapa program untuk memberdayakan santri seperti, program tartilu al-Qur’an, program qori’atu al-Qur’an, program shalawat dibaiyah, program tahfidzu al-kutub, program bahtsu al-masail, dan program intensif bahasa Inggris dan bahasa Arab. Dalam melaksanakan program kerja, pondok pesantren memakai empat pendekatan yaitu, spiritual, humanistik, sosialisasi, dan kekeluargaan. Dalam hal evaluasi, Pondok Pesantren Salafiyah Sa’idiyah mengadakan evaluasi setiap bulan dan setiap akhir tahun, evaluasi tersebut meliputi; pertama, evaluasi kinerja untuk menilai seberapa baik kinerja pengurus dan ustadz; kedua, evaluasi program untuk menilai kerelevanan program pada masa sekarang dan sejauh mana perkembangan santri dalam mengikuti program; dan yang ketiga, yaitu evaluasi diri pesantren untuk menilai perkembangan pesantren baik dalam segi adiministrasi, sarana prasarana, kurikulum, keuangan dan seterusnya yang berkaitan dengan pesantren. Semua evaluasi tersebut di pimpin langsung oleh majelis pimpinan dan diikuti oleh seluruh ustadz dan pengurus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musleh, MuslehMusel_rusdy@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Manajemen; sistem pendidikan pesantren.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Musleh Musleh
Date Deposited: 18 Aug 2017 03:04
Last Modified: 18 Aug 2017 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19745

Actions (login required)

View Item View Item