This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayah, Siti Nur (2012) Pengaruh strategi Teka Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar Mata Pelajaran ke NU an Kelas IX di SMP Islam Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Siti Nur Hidayah D31205009 ok.pdf Download (6MB) |
Abstract
Salah satu faktor yang mempunyai pengaruh cukup besar dalam pencapaian hasil belajar adalah cara mengajar guru. Penerapan strategi yang tepat dapat menciptakan suasana yang menyenangkan selama proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran. Banyak model dan strategi pembelajaran yang bisa digunakan baik indoor maupun outdoor, diantarannya adalah dengan menggunakan Teka-Teki Silang (TIS). Teka-teki silang atau disingkat ITS dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : l) Bagaimana penggunaan strategi teka teki silang (TIS ) pada mata pelajaran ke- NU -an kelas IX di SMP Islam Sidoarjo, 2) Bagaimana basil belajar mata pelajaran ke- NU -an kelas IX di SMP Islam Sidoarjo, 3) Adakah pengaruh strategi teka teki silang (TIS ) terhadap hasil belajar mata pelajaran ke NU -an kelas IX di SMP Islam Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan penggunaan strategi teka teki silang (TIS) pada mata pelajaran ke- NU -an kelas IX di SMP Islam Sidoarjo; 2) hasil belajar mata pelajaran ke- NU -an kelas IX di SMP Islam Sidoarjo; 3) pengaruh strategi teka teki silang (TIS) terhadap basil belajar mata pelajaran ke- NU -an kelas IX di SMP Islam Sidoarjo. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Islam Sidoarjo dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 2 kelas (eksperimen dan kontrol) dengan jumlah siswa masing masing kelas sebanyak 34 siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan memberikan perlakuan pada salah satu kelompok siswa yaitu pembelajaran dengan strategi teka teki silang (TIS). Sedangkan pengambilan data dilakukan dengan: l) observasi kegiatan guru dan siswa selama pelakasanaan PBM, 2) Dokumentasi, 3) Angket, 4 ) Tes. Analisis data: berdasarkan uji normalitas dikatakan berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas dikatakan bahwa data dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol merupakan data yang homogen dan data berdasarkan penghitungan uji t dengan menggunakan rumus Independent sample I-test diperoleh nilai tmnm8 sebesar 9,063 dan tmbcl 2,042. Kesimpulan yaitu: l) Penggunaan strategi teka teki silang (TIS) pada mata pelajaran ke- NU -an kelas IX di SMP Islam Sidoarjo termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini dapat dilihat dari analisis data melalui prosentase diperoleh sebesar 9()0/o yang berada di antara 90-100%. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ke-NU-an setelah mendapat pembelajaran dengan strategi teka-teki silang (TIS) selama 3 kali pertemuan dinyatakan sangat baik dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 100% (semua siswa mempunyai nilai > 75), nilai basil belajar siswa pada aspek kognitif sebesar 84,6; aspek afektif sebesar 80,I; dan aspek psikomotor sebesar 78,0; rata-rata nilai akhir sebesar 81,8. 3) Ada pengaruh strategi teka -teki silang (TIS) terhadap basil belajar mata pelajaran ke -NU -an kelas IX di SMP Islam Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Strategi Teka Teki Silano; TTS; hasil belajar; ke NU an | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2017 07:44 | ||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 07:17 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19889 |
Actions (login required)
View Item |