Strategi rekrutmen kader Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Ayu Purwaningsih (2017) Strategi rekrutmen kader Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Purwaningsih Utami_E04213012.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan mengenai strategi rekrutmen kader. Fokus penelitian ini yakni bagaimana strategi rekrutmen yang di terapkan DPD PAN Kota Surabaya. Dijelaskan bahwa ada dua bentuk rekrutmen politik, yakni secara terbuka dan tertutup. Secara terbuka diartikan bahwa partai akan mensosialisasikan dan melakukan berbagai strategi agar masyarakat mengenali partainya dan mau mengikuti atau masuk dalam partai tersebut secara sadar. Sebaliknya secara tertutup yakni partai hanya merekrut anggota yang memiliki hubungan dengan keluarga atau kerabat dan kurangnya transparansi anggota. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui mekanisme apa yang dilakukan DPD PAN Kota Surabaya dalam merekrut kader dan bagaimana Strategi yang di terapkan guna untuk perkembangan partai dalam merekrut kader dalam anggotanya.Karena rekrutmen merupakan salah satu hal yang penting dalam partai politik yang berkaitan erat dengan masalah seleksi pemimpin. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan metode pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam perekrutan DPD PAN Kota Surabaya. Sebagai subjek penelitian ini yaitu sekretaris DPD PAN Kota Surabaya juga tim pemenang pemilu DPD PAN Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi dengan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan cross check. Teknik analisis data secara induktif, meliputi reduksi data, kategorisasi, display data dan kesimpulan. Penelitian dilakukan di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) a) dalam mekanisme rekrutmen DPD PAN Kota Surabaya masih tergolong tertutup karena merekrut kader secara internal, b)DPD PAN Kota Surabaya kurang memperdulikan kualitas dari calon anggota yang akan menjadi anggotanya.2) strategi rekrutmen kader DPD PAN Kota Surabaya masih tergolong sempit, karena terkendala oleh anggapan masyarakat yang mengganggap bahwa PAN adalah paratai Muhammadiyah sehingga cenderung mempertahankan program partai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, Ayu Purwaningsihayupurwaningsih14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Partai Politik
Keywords: Strategi rekrutmen; kader PAN
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Utami ayu purwaningsih
Date Deposited: 20 Sep 2017 04:13
Last Modified: 13 Mar 2019 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20277

Actions (login required)

View Item View Item