Peningkatan hasil belajar Matematika pada materi Operasi Hitung Campuran dengan media Kartu Hitung Kelas IV Ml Miftahul Huda Perak Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tyas, Laily Aprilianing (2012) Peningkatan hasil belajar Matematika pada materi Operasi Hitung Campuran dengan media Kartu Hitung Kelas IV Ml Miftahul Huda Perak Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20381

Abstract

Hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI Miftahul Huda pada materi operasi hitung campuran masih belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleb guru selama pembelajaran, selain itu siswa juga kurang terampil dalam mengerjakan soal latihan. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakannya pembelajaran dengan media Kartu Hitung melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung campuran pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar Matematika pada materi Operasi Hitung Campuran kelas IV MI Miftahul Huda Perak Jombang; (2) Bagaimana penerapan Media Kartu Hitung pada materi Operasi Hitung Campuran kelas IV MI Miftahul Huda Perak Jombang; (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar Matematika pada materi Operasi Hitung Campuran dengan Media Kartu Hitung kelas IV MI Miftahul Huda Perak Jombang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan sebelumnya dilakukan pra siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum adanya penelitian tindakan kelas. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, clan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Miftahul Huda Perak Jombang pada pra siklus belum maksimal, dilihat dari prosentase ketuntasan hanya 43,75% (dari 16 siswa banya 7 siswa yang tuntas); (2) Penerapan media Kartu Hitung dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika, dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa dapat diketahui prosentase aktivitas guru meningkat pada siklus I 76,6% menjadi 83,39% pada siklus II, sedangkan prosentase aktivitas siswa dari 75% pada siklus I menjadi 84,1% pada siklus II; (3) Media Kartu Hitung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Miftahul Huda Perak Jombang. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui prosentase ketuntasan pada siklus I mencapai 68,75% dan pada siklus II mencapai 93,75% yang dikategorikan sangat baik karena telah mencapai indikator yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tyas, Laily Aprilianing--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar Matematika; media kartu hitung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:19
Last Modified: 08 Dec 2017 16:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20381

Actions (login required)

View Item View Item