Penerapan pembelajaran al-Qur'an dengan menggunakan al-Qur'an braille pada peserta didik tunanetra di SMPLB-A YPAB Gebang Putih Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmi, Rulia (2012) Penerapan pembelajaran al-Qur'an dengan menggunakan al-Qur'an braille pada peserta didik tunanetra di SMPLB-A YPAB Gebang Putih Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian membahas tentang penerapan pembelajaran al-Qur' an pada peserta didik tunanetra dengan menggunakan al-Qur' an Braille di SMPLB-A YPAB Gebang Putih Surabaya. Dengan rumusan masalah bagaimana proses penerapan pembelajaran al-Qur'an dengan menggunakan huruf Braille di SMPLB-A YPAB Gebang Putih Surabaya dan bagaimana kemampuan peserta didik tunanetra di SMPLB-A YPAB Gebang Putih Surabaya dalam mempelajari al-Qur'an Braille yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran al-Qur'an dengan menggunakan huruf Braille di SMPLB-A YPAB Gebang Putih Surabaya dan juga Untuk mengetahui kemampuan peserta didik tunanetra di dalam mempelajari al-Qur'an Braille SMPLB­ A YPAB Gebang Putih Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, interview, dan dokumentasi, dan teknik analisis data mencatat yang menghasilkan catatan lapangan, dengan hal itu diberi kode agar sumber datanya tetap dapat ditelusuri, Mengumpulkan, memilah-milah, mengklasifikasikan, mengsintesiskan, membuat ikhtisar, dan membuat indeksnya dan juga Berpikir, dengan jalan membuat agar kategori data itu mempunyai makna, mencari dan menemukan pola dan hubungan­ hubungan, dan membuat temuan umum. Berdasarkan uraian data di lapangan dapat disimpulkan bahwa Proses pelaksanaan pembelajaran al-Qur'an Braille di SMPLB-A YPAB Gebang Putih Surabaya berjalan seperti halnya pembelajaran di sekolah umum, tetapi yang membedakan adalah buku-buku yang dipakai selama proses pembelajaran. Dalam hal ini al-Qur'an yang dipakai untuk pembelajaran al-Qur'an adalah al-Qur'an yang menggunakan huruf Braille. Berdasarkan data yang diperoleh , dari 18 peserta didik yang mengikuti mata pelajaran al-Qur'an Braille, terdapat 7 anak yang sudah lancar dalam membaca al-Qur'an Braille dan juga dalam menguasai ilmu tajwid, dan ada 2 anak yang sudah cukup lancer dalam membaca dan memahami ilmu tajwid. Sedangkan yang lainnya yaitu berjumlah 9 anak masih perlu mendapatkan pelayanan khusus yang sudah disediakan oleh pihak yayasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmi, RuliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Pembelajaran Al-Qur'an; al Qur'an Braille; Tunanetra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2017 03:22
Last Modified: 29 Sep 2017 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20422

Actions (login required)

View Item View Item