Studi tentang klinik Mapel (remedial teaching) dalam mengurangi kesulitan belajar murid pada Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Mujahidin Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriya, Ulfa (2012) Studi tentang klinik Mapel (remedial teaching) dalam mengurangi kesulitan belajar murid pada Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Mujahidin Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (590kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20482

Abstract

Dalam usaha meni ngkatkan proses pem belajaran khususnya kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar atau yang memerlukan bantuan dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam yang berisi tentang pemahaman aspek Al-Qur' an, Aqidah, Akhlak, Fikih dan Sejarah Islam. SMP Mujahidin sebagai lembaga pendidikan yang tetap ingin meningkatkan kualitas keilmuan. Maka salah satu usaha yang dilakukan oleh pihak kurikulum adalah meningkatkan program Remedial Teaching (Klinik Mapel) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Remedial Teaching sebagai suatu bentuk khusus pengajaran, yang ditujukan untuk menyembuhkan, membetulkan atau memperbaiki sebagian atau seluruh kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa dalam Remedial Teaching yang disembuhkan, diperbaiki atau dibetulkan adalah keseluruhan proses belajar mengajar yang meliputi cara belajar, metode mengajar, materi pelajaran, alat belajar dan lingkungan yang turut mempengaruhi proses belajar mengajar. Dengan Remedial Teaching, siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat disembuhkan atau d ibetul kan atau diperbaiki sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan kemampuannya. Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang ingin diangkat yaitu : Bagaimana pelaksanaan Remedial Teaching pada Pendidikan Agama Islam di SMP Mujahidin, Bagaimana kesulitan belajar murid sebelum adanya Remedial Teaching pada Pendidikan Agama Islam, Bagaimana kesulitan belajar murid sesudah adanya Remedial Teaching pada Pendidikan Agama di SMP Mujahidin Surabaya. Dengan tujuan tersebut maka untuk menjawabnya, disini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kalitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan-keadaan atau status fenomena sesuatu yang terjadi pada waktu sekarang atau yang sedang terjadi, yang dapat diamati baik dari kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang menjadi subjek penelitian. Peneliti menggunakan pendekatan phenomenologik paradigma naturalistik. Dalam pengum pulan data dilakukan dengan tehnik, interview, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, pelaksanaan Remedial Teaching pada Pendidikan Agama Islam di SMP Mujahidin sudah berjalan dengan baik. Semua guru PAI menerapkan Remedial Teaching dalam pembelajaran PAI. Melihat proses tersebut terus berjalan, maka kesulitan belajar yang dialami murid bisa teratasi. Murid yang mengikuti pelaksanaanya sudah mengalami perbaikan (kesulitan belajar yang dialami murid berkurang) daripada sebelum adanya Remedial Teaching.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriya, Ulfa--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Keywords: Klinik Mapel; kesulitan belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2017 04:16
Last Modified: 04 Oct 2018 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20482

Actions (login required)

View Item View Item