Pendidikan agama berbasis peace education di sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarok, M. Chasbi (2017) Pendidikan agama berbasis peace education di sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (410kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Peran dan fungsi agama dalam beberapa dekade terakhir ini mulai dipertanyakan kembali. Hal ini terkait dengan kasus kekerasan dan konflik atas nama agama yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat. Pendidikan perdamaian adalah sebuah proses untuk mendapatkan pengetahuan, pengembangan sikap, dan tingkah laku untuk dapat hidup saling menghormati, toleran, penuh perdamaian, saling membantu, dan anti kekerasan. Pendidikan perdamaian yang dilakukan di sekolah Xin Zhong bertujuan untuk mewujudkan persaudaraan sejati antar umat beragama yang dilandasi dengan sikap toleransi-aktif, kejujuran, penghargaan terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan. Penelitian ini mencoba untuk mengeksplorasi hal-hal terkait pendidikan perdamaian yang meliputi: 1. Konsep pendidikan agama berbasis pendidikan perdamaian di sekolah SPK, 2. Implementasi pendidikan agama berbasis pendidikan perdamaian di sekolah SPK dan 3. Implikasi pendidikan agama berbasis pendidikan perdamaian di sekolah SPK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data konsep pendidikan perdamaian, implementasi pendidikan perdamaian, dan implikasi pendidikan perdamaian pada pembelajaran agama di sekolah SPK. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Kepala sekolah dan guru agama, dokumen dan foto-foto. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan wawancara secara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Adapun kesimpulan yang berhasil dirumuskan berdasarkan fokus penelitian, paparan data dan temuan serta analisis pembahasan, adalah sebagai berikut:1.konsep pendidikan agama berbasis peace education di sekolah SPK Xin Zhong Surabaya yaitu: kurikulum pendidikan agama yang kontekstual, Kualitas Pengajar dan Suasana lingkungan sekolah, masyarakat dan keluarga. 2. Implementasi pendidikan agama berbasis peace education sebagai berikut: a pembelajaran disesuaikan dengan silabus dan RPP , b. pembelajaran agama dilakukan dengan serentak dihari dan waktu yang sama. di ruangan religion sesuai agama masing-masing, c. metode pembelajaran disesuaikan materi dan jumlah siswa pada agama masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarok, M. Chasbiboycash24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Sekolah Internasional
Keywords: Peace education; pendidikan Agama
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mubarok M.Chasbi
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:48
Last Modified: 26 Oct 2017 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20507

Actions (login required)

View Item View Item