Strategi penanaman kesadaran menjalankan ibadah shalat fardlu pada santri di TPQ al Husnah Jemur Wonosari gang masjid no 42 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Nazidatul (2012) Strategi penanaman kesadaran menjalankan ibadah shalat fardlu pada santri di TPQ al Husnah Jemur Wonosari gang masjid no 42 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nazidatul Faizah_D01208137.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Sebagai suatu fenomena yang telah berkembang di masyarakat, TPQ memiliki alasan yang lcuat untuk didirikan yalcni karena TPQ didirikan, sejalan dengan tuntutan zaman disamping keterkaitamiya yang erat dengan tujuan pendidikan nasional yaitu untuk membangun manusia Indonesia yang seutuhnya, beriman clan bertaqwa. Selain itu pengaruh kemajuan tehnologi clan informasi secara langsung maupun tidak, membawa efek yang negatif bagi perkembangan jiwa anak-anak dan generasi muda. Disinilah letak pentingnya penanaman agama sejak dini. Dan dalam upaya syiar agama, TPQ merupakan lembaga pendidikan non formal yang pelaksanaannya berpedoman pada kurilculum yang sistematis dan terprogram. Tidak diragukan lagi, bahwa tujuan pendidikan dalam islam tergambar dalam keikhlasan beribadah kepada Allah Ta'ala, dan penanaman akidah yang murni di dalam jiwa anak. Media yang paling penting dalam mengajarkan aqidah yang benar kepada anak adalah menyampaikan keyakirtan tauhid seperti beriman kepadn Allah dan Malaikatnya, beriman kepada takdir, clan pentingnya mencintai Allah dan Rasulnya, dengan format yang sederhana yang bisa dicema oleh anak.Tidak diragukan lagi bahwa penanaman dasar-dasar akidah yang bersih sejak kecil merupakan persoalan yang sangat penting dalarn manhaj tarbiyah islam. Dengan demikian dalam hal ini penulis mengambil obyek penelitian di TPQ Al husnah Jemur Wonosari Gang Masjid No 42 Surabaya. Adapun rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana kesadaran santri dalam menjalankan ibadah shalat fardlu? ;2) Bagaimana strategi guru TPQ dalam penanaman kesadaran menjalankan ibadah shalat fardlu pada santri di TPQ Al Husna? Adapun metode penelitian yang digunalcan adalah menggunakan metode observasi, interview, serta dokumentasi, untuk mencapai hasil data yang valid dan representatif serta dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah telcnik analisis deslcriptif kualitatif. untuk mengetahui kesadaran santri dalam menjalankan ibadah shalat fardlu, dan strategi guru TPQ dalam penanaman kesadaran menjalankan ibadah shalat fardlu pada santri di TPQ Al Husna. Berdasarkan dan i hasil penelitian melalui berbagai macam metode, hasil yang diketahui tentang strategi penanaman kesadaran menjalankan ibadah shalat fardhu pada santri adalah kesadaran santri dalam menjalankan ibadah shalat fardlu (mereka tetap menjalankan ibadah shalat fardlu tetapi tidak lima walctu, dalam menjalankan ibadah shalat sering menunggu perintah dan i orang tua, jarang melaksanakan shalat fardlu berjama'ah dimasjid, dalam perjalanan jauh dan dalam keadaan sakit jarang untuk mengerjakan shalat fardlu, serta kebanyalcan mulai usia 9 tahun santri mulai mengterjalcan shalat fardlu), strategi guru TPQ dalam penanaman kesadaran menjalankan ibadah shalat fardlu (Membuat program shalat berjamaah ashar di TPQ sebelum masuk kelasnya masing — masaing, Membuat kertas Shalat untuk memantau kegiatan ibadah shalat anak dan Memberikan materi tambahan pendidikan agama (PAL) pada jam mengajar Al-Qur'an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, NazidatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Pendidikan
Salat
Santri
Keywords: Strategi; ibadah shalat fardlu; santri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2017 08:29
Last Modified: 04 Dec 2017 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21538

Actions (login required)

View Item View Item