Problematika guru PAI dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran al-Quran bagi siswa kelas VIIA di SMP al-Furqon Madrasatul Quran Tebuireng Jombang tahun ajaran 2011 - 2012

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noer, Syaifudin (2012) Problematika guru PAI dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran al-Quran bagi siswa kelas VIIA di SMP al-Furqon Madrasatul Quran Tebuireng Jombang tahun ajaran 2011 - 2012. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Syaifudin Noer_D31207023.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21551

Abstract

Dalam dunia pendidikan, evaluasi memegang peranan penting. Dari evaluasi tersebut, pengambilan keputusan bisa menetapkan, apakah suatu pendidikan berkualitas atau tidak, apakah seorang siswa berhak lulus atau sebaliknya, dan dengan evaluasi kita akan mengetahui sejauh mana progress pendidikan telah beijalan sesuai tujuan pendidikan. Begitu juga yang di hadapi oleh guru materi Al- Qur’an, kebanyakan siswa membaca Al-Qur'an cenderung hanya sekedar membaca, menghafal, dan meneijemahkannya saja, terkesan aspek psikomorik dan afektif terabaikan dalam proses pembelajaran dan evaluasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan promblematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan evaluasi Al-Qur'an bagi siswa kelas VII A di SMP Al-Furqon Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2011/2012 serta upaya-upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan sampel strata. Pengumpulan data dilakukan dengan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tujuan pembelajaran Al-Qur'an di SMP SMP Al-Furqon Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2011/2012 siswa dapat membaca dengan lancar, fasih, tartil, tajwid, mempersiapkan bekal agama, mengetahui kandungan Al-Qur'an dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, (2) Strategi/metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur'an, ceramah dan tanya jawab, (4) Problem yang dihadapi guru dalam melaksanakan evaluasi PAI (Al-Qur'an) Alokasi waktu mengajar yang minim, evaluasi menggunakan LKS, teknik evaluasi yang monoton (Tes Tulis), orientasi penilaian terfokus pada aspek kognitif, dan kurangnya wawasan guru tenteng pentingnya evaluasi (5) Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru Al- Qur'an untuk mengatasi problem yaitu pemberian tugas, setoran hafalan Al- Qur’an(Tes lisan), metode pembiasaan dan keteladanan sebagai bentuk penilaian aspek psikomorik dan afektif, dan kometmin guru untuk terus mengembangkan kompetensi dengan sering mengikuti pelatihan guru dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noer, Syaifudin--UNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Problematika guru PAI; evaluasi, pembelajaran Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 07:24
Last Modified: 01 Nov 2018 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21551

Actions (login required)

View Item View Item