Studi kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulhijjah, Siti (2011) Studi kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Zulhijjah_D01206177.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran, serta untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan-Sidoarjo. Kompetensi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan yang hams dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten apabila memahami teknik dan prosedur evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar menagajar. Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dan i perencanaan evaluasi, Pelaksanaan evaluasi pembelajaran tersebut dimulai dan i merumuskan perencanaan evaluasi, menganalisis kebutuhan (menentukan tujuan penilaian, mengidentifikasi kompetensi dan hasil belajar, menyusun kisi-kisi atau blueprint, mengembangkan draft instrumen, uji coba dan analisis instrumen, revisi dan merakit instrument baru), monitoring evaluasi, mengolah dan menafsirkan data serta pelaporan dan tindak lanjut hasil evaluasi. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (library research). Adapun yang menjadi tolak ukur kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah hasil wawancara dan obsservasi yang telah dilaksanakan dan disesuaikan dengan kenyataan yang ada. Dan setelah dilakukan penelitian di SMA Negeri 1 Gedangan-Sidoarjo, maka dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Gedangan-Sidoarjo memiliki kompetensi yang tinggi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulhijjah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kompetensi guru PAI; evaluasi pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2017 06:58
Last Modified: 07 Dec 2017 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21583

Actions (login required)

View Item View Item