This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hamid, Abd. (2012) Pengaruh metode pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar materi Fiqih kelas VIII A MTs NU Berbek Waru Sidaorjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Abd. Hamid_D01208164.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Tujuan terpenting dalam pembelajaran bukan bagaimana menjadikan murid berprestasi tetapi membuat mereka tidal( bosen dengan apa yang dipelajari dalam pembelajaran. Hal ini bisa ditempuh dengan model pembelajaran variatif-integratif yang memadukan pembelajaran yang dilakulcan dengan face to face clan online learning atau yang disebut dengan metode blended learning. Metode pembelajaran ini menjembatani peserta didik untuk mengaktualisasikan dini menjadi lebih aktif dengan tidak hanya di dalam kelas, melainkan di luar kelas tanpa terbatas dengan tempat dan waktu untuk proses pengembangan din. Sedanglcan permasalahan yang diambil adalah bagaimana penerapan metode pembelajaran blended learning pada math pelajaran fiqih, bagaimana prestasi belajar siswa pada math pelajaran fiqih, adakah pengaruh metode blended learning terhadap prestasi belajar materi fiqih siswa kelas VIII A MTs NU Berbek Want Sidoarjo. Dalam penelitian sederhana, penulis menggunakan metode regresi linear sederhana yang merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif, ataupun metode yang di gunakan adalah observasi, angket, tes, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data dengan melaksanakan uji validitas, uji reabilitas dan uji t. Dan i hasil penelitian, pengaruh penggunaan metode blended learning dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih di MTs NU Berbek Want Sidoarjo tergolong cukup, hal ini ditunjulckan dengan nilai rata-rata prosentasenya 56,77%. Selain itu, metode pembelajaran blended learning juga mempengaruhi hasil prestasi belajar. Hal ini diketahui dan prestasi belajar siswa pada math pelajaran fiqih kelas VIII MTs NU Berbek, khususnya pada kelas VIII A tergolong sedang, hal ini ditunjulckan dengan nilai rata-rata 80 yang diambil dani nilai post-test. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh signifikasi metode pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar math pelajaran fiqih. Hal itu dapat diketahui dan i adanya beberapa perbedaan prestasi belajar siswa sebelum blended learning diterapkan dan sesudahnya, dan melalui perhitungan statistik spss di mana Thitung 5,768 > Ttabel 2,042 dengan nilai signifikansi (0,000) < a (0,05). Dan i hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan, gambaran, serta informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Fikih Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Prestasi Belajar Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Metode blended learning; prestasi belajar; materi Fiqih | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2017 07:55 | ||||||
Last Modified: | 11 Dec 2017 07:55 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21606 |
Actions (login required)
View Item |