Peningkatan motivasi belajar menulis karangan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script siswa kelas IV MI Islamiyah Geluran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hajar, Ramadha Tsulatsi (2012) Peningkatan motivasi belajar menulis karangan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script siswa kelas IV MI Islamiyah Geluran Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ramadha Tsulatsi Hajar_D07208027.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21608

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa memiliki motivasi belajar yang rendah dalam menulis karangan. Motivasi belajar yang rendah dalam menulis karangan memberikan dampak rendahnya basil belajar siswa. Untuk meningkatkan motivasi belajar dalam menulis karangan, diambil tindakan pembelajaran melalui model kooperatif tipe Cooperative Script yang dilakukan dengan 3 siklus. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana motivasi belajar menulis karangan siswa kelas IV MI Islamiyah Geluran-Sidoarjo? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script di MI Islamiyah GeluranĀ­ Sidoarjo? (3) Bagaimana peningkatan motivasi belajar menulis karangan dengan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script di kelas IV MI Islamiyab Geluran-Sidoarjo? Untuk memperoleb basil penelitian, penelitian dilakukan dengan metode kolaboratif antara kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif menghasilkan data berupa angka rata-rata basil kuesioner motivasi dan basil belajar siswa dan metode kualitatif menghasilkan data berupa deskripsi basil pengamatan dan wawancara. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin yang dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pembelajaran materi menulis karangan melalui model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis karangan yang terlibat pada peningkatan nilai rata-rata kuesioner motivasi yakni kuesioner awal 71,26 dan kuesioner akhir 84 dan meningkatnya aktivitas siswa yakni dari 70,17 pada siklus I, kemudian 79,26 pada siklus II, dan 82,65 pada siklus III. Serta turut dapat meningkatkan basil belajar siswa yang terlibat pada peningkatan nilai rata-rata kelas yakni dari 74,08, kemudian 76,41 pada siklus II, serta 82,47 pada siklus III dan ketuntasan belajar kelas 60,86%, kemudian 71,73% pada siklus II, serta 82,60% pada siklus III.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hajar, Ramadha Tsulatsi--UNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peningkatan motivasi belajar; menulis karangan; model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 09:10
Last Modified: 01 Nov 2018 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21608

Actions (login required)

View Item View Item