Studi tentang upacara Nyadran masyarakat nelayan di Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Luluk Maftuhatur (2009) Studi tentang upacara Nyadran masyarakat nelayan di Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Luluk Maftuhatur R_E02205013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi tentang upacara nyadran masyarakat nelayan di desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoaijo Kabupaten Sidoarjo Masalah yang ditelid dalara skripsi ini adalah: Bagaimana deskripsi tentang upacara Nyadran masyarakat nelayan di desa Bluru Kidul Sidoarjo, Bagaimana pandangan masyarakat nelayan Bluru Kidul terhadap upacara Nyadran di desa Bluru Kidul Sidoarjo. Dalam menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan analisis deskriptif yang bersifat kualitatif dalam menganalisis upacara nyadran masyarakat nelayan di desa Blura Kidul kecamatan Sidoaijo kabupaten Sidoarjo, sesuai dengan masalah tersebut maka peneliti melakukan sebuah penelitian dengan hipotesa atau angket koesioner tentang permasalahan yang diangkat penulis. Berdasarkan masalah dan hasil penemuan di lapangan menunjukkan bahwa upacara Nyadran di masyarakat nelayan setempat dan bahkan dari berbagai daerah, dan keyakinan masyarakat Bluru Kidul terhadap upacara Nyadran menganggap sebagai prosesi upacara Nyadran yang keramat dalam menambah keyakinannya. Masyarakat nelayan Bluru Kidul meyakini bahwa upacara Nyadran ke laut dan ke makam Dewi Sekardadu (istri Syekh Maulana Ishaq) dianggap dekat dengan Allah dan Nyadran ketempatnya, dapat memberikan berkah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Luluk MaftuhaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Adat
Keywords: Upacara Nyadran; Masyarakat nelayan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:26
Last Modified: 12 Dec 2017 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21612

Actions (login required)

View Item View Item