lmplementasi pendidikan karakter melalui metode Targhib dan Tarhib bagi santri di Pondok Pesantren Tahfidhul Quran Sunan Giri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathoni, Mochamad (2012) lmplementasi pendidikan karakter melalui metode Targhib dan Tarhib bagi santri di Pondok Pesantren Tahfidhul Quran Sunan Giri Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Fathoni_D51208020.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21615

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik (santri) memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Allah, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungannya. Pendidikan karakter jika diterjemahkan dalam bahasa pesantren adalah pendidikan dan pembinaan akhlak bagi santri yang diterapkan dengan memakai beragam cara (metode), salah satunya adalah metode targib dan tarhib sebagaimana yang telah dimplementasikan di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur'an Sunan Girl tempat penelitian ini dilakukan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) implementasi pendidikan karakter melalui metode targhib dan tarhib bagi santri, (2) kenclala pelaksanaan pendidikan karakter melalui metode targhib dan tarhib. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan wawancara (interview), pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis domein. Berdasarkan analisis data diperoleh bebarapa kesimpulan. Pertama implementasi pendidikan karakter melalui metode targhib dan tarhib bagi santri di PPTQ Sunan Girl Surabaya melalui kegiatan ma'hadiyah (kepondokan), kegiatan madrasiyah (kemadrasahan), dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Adapun kegiatan ma 'hadiyah yang menjadi sarana pelaksanaan pendidikan karakter melalui metode targhib clan tarhib bagi santri adalah kewajiban sholat berjamaah, mauidhoh/taushiah, dan penegakan disiplin tata tertib pesantren. Sedangkan kegiatan madrasiyah dilaksanakan melalui keteladanan guru, disiplin kelas, dan musyawarah kelas. Sedangkan kegiatan sosial kemasyarakatan dilaksanakan melalui ro 'an (kerja bakti), amanah mengisi ceramah dan amanah mengajar ngaji Kedua, kenclala pelaksanaan pendidikan karakter melalui metode targhib dan tarhib bagi santri di PPTQ Sunan Girl Surabaya ada dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa kurang lurusnya niat santri, sedangkan faktor eksternalnya adalah pengaruh lingkungan, serta para pendidik dan pengurus yang tidak istiqomah menjalankan tugasnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathoni, Mochamad--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pendidikan karakter; metode Targhib dan Tarhib; santri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:50
Last Modified: 04 Jun 2020 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

View Item View Item