Tinjauan hukum Islam terhadap pengelolaan zakat melalui layanan M-zakat di PKPU (Pos Keadilan Peduli Rakyat)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmayanti, Nur Rafika (2009) Tinjauan hukum Islam terhadap pengelolaan zakat melalui layanan M-zakat di PKPU (Pos Keadilan Peduli Rakyat). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Rafika Rahmayanti_C03304071.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan basil penelit ian lapangan (field research) tentang praktek pengelolaan zakat melalui layanan M-Zakat (mobilephone zakat) di PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat ) Surabaya ditinjau dari hukum Islam. Penelitian ini bert ujuan tmt uk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana deskripsi tentang pengelolaan zakat melalui layanan M-Zakat di PK.PU Surabaya dan bagaimana t injauan h ukum Islam terhadap praktek pengelolaan zakat melal ui layanan M-Zakat di PK.PU Surabaya tersebut. Data penelitian ini diperoleh dari PK.PU Surabaya yang bertempat di JaJan Krukah Utara No. 25 Surabaya yang menjadi obyek penelit ian. Teknik yang digooakan adalah wawancara, dan dokumentasi dengan metode deskriptif analitis dengan pola pi kir dedukt if, dengan menggambarkan karakterist ik suatu obyek (zakat melalui layanan M-Zakat di PK.PU Surabaya) yang dianaliis berdasarkan data yang telah dikumpulkan, dengan mengtmgkapkan beberapa dalil yang berhubtmgan dengan zakat vis sms (short message service) kemudian dikaji berdasarkan hukurn Islan1; dan verifikatif yait u dengan memaparkan data deskriptif tentang pengelolaan zakat melaJ ui layanan M-Zakat di PKPU Surabaya kemudian dinilai berdasarkan h ukum lslam. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa praktek pengelolaan zakat melaui layanan m-zakat di PKPU Surabaya dibayarkan oleh muza.kki dcngan pemotongan sejumlah pulsa yang kcmudian oleh operator diberikan kepada Lembaga Penyedia Layanan dalam bent uk uang unt uk diberikan kepada PKPU yang sclanjut nya akan disalurkan kepada 8 aJnif dan juga pada program-program yang ada dengan t ujuan tmt uk kemaslahatan, pembayaran zakat yang didasarkan kerelaan pada muzakki karena telah mengirimkan sms yang ditent ukan t idak terdapat unsur paksaan di dalamnya. Pembayarannya disamakan dengan jual belL Adapun tinjauan h uktm1Islan1 terhadap masalah ini adalah sall, karena telah memenuhi syarat-syarat dalam pelaksanaan zakat dan jual beli menurut hukum Islan1 dan masalah sejalan dengan aturan dalam prinsip-prinsip zakat dan jual beli dalarn Islam. Sejalan dengan kesimpulan di atas maka disarankan pertama, Diharapkan bagi umat Islam yang hendak berzakat dengan menggtmakan layanan m-zakat, pertama, agar menyert akan niat pada wakt u mengi rimkan sms.. kedua.. hendaknya muzakki menggunakan layanan dengan pilihan "lintas amil zakat dan lintas mm•taf;jq. Kepada PK.PU, diharapkan agar lebih mensosialisa.-;ikan layanan ini kepada masyarakat , disamping memberikan kem udahan bagi muzakld, juga agar PKPU mendapat peluang menan1bal1 pelanggan atau mitra. Kepada mediator, unt uk menyempurnakan layanan ini hendaknya lebih spesifik dalam hal jenis sms yang telah dikirim muzakki, apakah zakat fitrah, zakat mal, ataupun infaq atau shodaqah. Dalam hal zakat mal, hendaknya tersedia jenis program layanan khusus, agar dapat mengetahui harta mula muzakki yang hendak dizakatkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmayanti, Nur RafikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Zakat
Keywords: Hukum Islam; zakat; PKPU (Pos Keadilan Peduli Rakyat)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2017 03:43
Last Modified: 19 Dec 2017 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21701

Actions (login required)

View Item View Item