Peningkatan hasil belajar Fiqih melalui strategi peninjauan kembali bagi siswa kelas IV A Ml Roudlotul Banal Sepanjang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Nur (2012) Peningkatan hasil belajar Fiqih melalui strategi peninjauan kembali bagi siswa kelas IV A Ml Roudlotul Banal Sepanjang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Hasanah_D0720808070.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fiqih khususnya pada pokok bahasan macam-macam zakat yang dilaksanakan di MI Roud lotul Banat Sepanjang Sidoarjo belum melibatkan peran siswa secara optimal. Hal i ni mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Berdasa rkan data yang diperoleh peneliti dari guru, sebagian besar siswa balum mencapai KKM. Menangga pi hal tersebut maka dengan dialokasikan waktu untuk penerapa n slrategi peni njauan kembali melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapal meni ngkatkan basil belajar fiqih materi macam-macam zakat kelas IV MI R oud lotu l Banat Sepanjang. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah I ) Bagai mana basi l belajar pada mata pelajaran Fiq i h siswa kelas IV Madrasah Iblida i ya h Roud lotul Banal Sepanjang, 2) Bagai mana penerapan strategi peninjauan kem bali pada mata pelajaran Fiqih bagi siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Roud lotu l Banal Sepanjang. 3 ) Bagaimana pen ingkatan hasi l belajar pada mata pelajara n Fiq i h siswa kelas IV Madrasah lbtida iya h Roudlotul Banat Sepanjang dengan mcnggunakan strategi peni njauan kembali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana uraian nya bcrsifat desk ri pt i f da lam bentu k kata-kata, peneliti meru pa kan instrumen utama dalam pengu mpu lan data, proses sama pentingn ya dengan produk. Penel itian ini d i laksana kan dengan model PTK yang diperkenal kan oleh Kemmis & Taggart. Dimana dalarn satu siklus terdapat empat langkah pokok diantaranya: perencanaan. aksi atau ti nda kan, observasi, dan refleksi. Dalam mengu mpul kan data, penelitian ini menggunakan metode obscrvasi (menga mati setiap kejad ian ya ng sedang berlangsung dan merekamn ya dengan alat observasi ) wawancara, rnetode dokurnentasi, dan tes hasil belajar siswa. Dal am rnenganal isis data, penu l is rnenggunakan metode deskriptif analisis yang terdi ri dari tiga taha p, yaitu redu ksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun kesimpulan penelitian ini: pertama, sebelum diterapkan strategi pen injauan kernbali sebagian besar siswa belum mencapai nilai standar minimal dalam materi zakat. Rata-rata kelas han ya 65,4 dengan prosentase ketuntasan klasi kal sebesar 41 '1<> . Kedua, penerapan strategi peninjauan kernbal i pada mata pelajaran fiq ih rnasu k dalarn kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi siklus I kernarnpuan guru dalarn mengelolah pembelajaran menjadi 70% dan pada siklus II terjadi peningkatan rnenjadi 85%. Ketiga, setelah diterapkannya strategi peninjauan kernbal i pada siklus I rata-rata kelas mengalami peningakatan menjadi 69, I dan peningkatan prosentase rnenjadi 70,8%, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kelas rnenjadi 77,08 dan prosentase ketu ntasan klasikal menjadi 83,33%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; Fiqih; strategi peninjauan kembali
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2017 02:56
Last Modified: 27 Dec 2017 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21763

Actions (login required)

View Item View Item