Pengaruh pengelolaan moving class terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

M., Salis Rohmah (2012) Pengaruh pengelolaan moving class terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salis Rohmah M_D03207075.pdf

Download (3MB)

Abstract

Moving Class merupakan sistem belajar dengan ciri setiap mata pelajaran memiliki ruang belajar masing-masing. Hal ini dimanfaatkan untuk memberikan lingkungan yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang sedang diikuti oleh siswa, sehingga diharapkan siswa akan mengalami peningkatan dalam hasil belajarnya. Agar pelaksanaan sistem moving class berjalan dengan optimal, maka diperlukan adanya pengelolaan yang baik, agar tujuan dari moving class dapat tercapai. Penelitian dalam skripsi ini mengkaji pengaruh pengelolaan kelas pada moving class terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kelas pada moving class di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, dan sejauh mana pengaruh pengelolaan kelas pada moving class terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode: observasi, interview, angket dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statis yaitu: rumus prosentase rumus Mean, dan rumus product moment serta diinterprestasikan terhadap rumus "r". sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 2 tahun kelas XI ajaran 2011-2012 yang berjumlah 202 siswa. Menggunakan sampel random atau acak yaitu 20%, dari 202 siswa, maka diambil 40 siswa sebagai objek penelitian, pengambilan data menggunakan angket sebanyak 20 item pertanyaan dengan 4 altenatif jawaban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengelolaan kelas pada moving class telah dilakukan dengan sangat baik. Ini terbukti dari hasil prosentase yang menunjukkan nilai 87,6. Dan prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya tergolong baik. Ini terbukti dengan data nilai akhir semester siswa yang rata-rata adalah 79. Sedangkan adanya pengelolaan kelas ada moving class mempunyai pengaruh yang sedang atau cukup terhadap prestasi belajar siswa. Dari hasil penghitungan product moment hasil yang diperoleh adalah 0,47 clan memperhatikan rxy yang tercantum pada nilai "r" product moment yakni berkisar antara 0,40 - 0,70 berarti mempunyai pengaruh yang sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
M., Salis RohmahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Pengelolaan Moving Class; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2017 08:25
Last Modified: 27 Dec 2017 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21765

Actions (login required)

View Item View Item