Penerapan teknik bina wicara dalam pembelajaran berkomunikasi siswa tunarungu di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunarungu Karya Mulia Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Endina, Eka Mutiyah (2012) Penerapan teknik bina wicara dalam pembelajaran berkomunikasi siswa tunarungu di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunarungu Karya Mulia Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Eka Mughniah Endina_D03208037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya intelegensi anak tunarungu secara potensial sama dengan anak normal. Tetapi secra fungsional perkembangannya dipengaruhi oleh tingkat kemampuan berbahasanya. Sekolah Luar Biaa Tunarungu Karya Mulia Surabaya. Rumuan masalah penelitian ini adalah; 1. Baaimana penerapan teknik bina wicara dalam pembelajaran berkomunikai iwa tunarunu di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunarunu Karya Mulia Surabaya, 2. Apa faktor pendukun dan penambat dalam teknik bina wicara dalam pembelajaran berkomunikasi siswa Tunarunu di Sekolah Luar Biaa Tunarungu Karya Mulia Surabaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1. Penerapan Teknik Bina Wicara di SMPLB Tunarungu Karya Mulia diberikan kepada siswa tunarungu dilakukan dengan cara siswa diminta untuk menirukan apa yang diperintahkan guru pembimbing teknik bina wicara, dengan menggunakan alat-alat khusus yang sesuai dengan apa yang akan dilatih dan dilaksanakan di ruang khusus (lab) bina wicara. 2. Faktor-faktor pendukung dalam penerapan teknik bina wicara di SMPLB Tunarungu Karya Mulia Surabaya diantaranya tersedianya fasilitas penerapan teknik bina wicaranya diantaranya alat-alat peraga yang digunakan ketika pembelajaran bina wicara berlangsung cukup memadai, dalam pembelajaran bina wicara dan dilakukan di ruang khusus (lab) bina wicara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Endina, Eka MutiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Cacat - Tunarungu
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Teknik bina wicara; pembelajaran berkomunikasi; siswa tunarungu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2018 03:43
Last Modified: 05 Jan 2018 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21838

Actions (login required)

View Item View Item