Efektivitas Metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran di TPQ Al Islahiyah Margorejo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasanah, Siti Uswatun (2015) Efektivitas Metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran di TPQ Al Islahiyah Margorejo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Sebagai langkah awal untuk mencetak generasi Islam yang berwawasan Qur’ani yakni menanamkan kecintaan terhadap al-Qur’an, salah satunya adalah perintah membaca al-Qur’an yang merupakan,upaya pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, karena al-Qur’an adalah pedoman umat muslim di dunia. Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, berkembang pula metode-metode pembelajaran al-Qur’an yang bertujuan sebagai perbaikan dan penyempurna metode yang muncul sebelumnya serta disesuaikan dengan keadaan masyarakat tertentu. Dalam meningkatkan baca alQur’an banyak sekali metode baca Qur’an cepat dan praktis diantaranya adalah metode Qiraati. Metode Qiraati merupakan metode yang lebih menekankan pada bacaan yang praktis dan cepat, tepat, dan benar. Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu bagaimana metode membaca al-Qur’an Qiraati, penerapan metode Qiraati di TPQ, dan efektivitas metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca alQur’an. Mengacu pada konteks penelitian diatas, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana metode membaca al-Qur’an Qiraati, penerapan metode Qiraati di TPQ, dan efektivitas metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala tertentu. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan pada gejala-gejala yang tampak. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) metode pembelajaran al-Qur’an Qiraati suatu metode kontemporer dengan menggunakan buku Qiraati jilidyang membacanya tanpa mengeja tetapi harus lancar, cepat, tepat, dan benar. (2) Penerapan metode Qiraati di TPQ Al-Islahiyah sudah menerapkan kurikulum Qiraati dengan sangat baik meskipun masih ada bebrapa santri yang bergurau dan bermain-main. (3) Efektivitas metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an sudah efektif karena tujuan yang ingin dicapai sudah 73% santri dari masing-masing kelas bisa
membaca dengan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makhrajnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasanah, Siti Uswatun--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Minat Baca
Keywords: Metode Qiraati; Kemampuan Membaca Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 274 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 05:23
Last Modified: 02 Apr 2019 06:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item View Item