Upaya peningkatan motivasi belajar IPS kelas IV dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) di MI al-Muhajirin Latukan Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Athi’ (2012) Upaya peningkatan motivasi belajar IPS kelas IV dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) di MI al-Muhajirin Latukan Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Athi' Maghfiroh_D07208018.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan dan i hasil observasi awal bahwa mata pelajaran IPS di MI Al-Muhajirin Latukan Karanggeneng Lamongan masih rendah cenderung berpusat kepada guru yaitu masih menggunakan metode ceramah, siswa disuruh mencatat dan mengerjakan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) secara individual kemudian dikumpulkan kepada guru tanpa dibahas sehingga siswa merasa bosan dan kurang semangat dalam kegiatan pembelajaran yang menimbulkan penurunan motivasi belajar. Adapun nunusan masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah:(1). Bagaimana motivasi belajar IPS siswa kelas 4 di MI Al-Muhajirin Latukan Karanggeneng Lamongan? (2) Bagaimana penerapan Metode NHT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 diMI Al-Muhajirin Latukan Karanggeneng lamongan? (3) Bagaimana peningkatan motivasi belajar IPS siswa kelas 4 di MI Al-Muhajirin Latukan Karanggeneng Lamongan dengan menggunakan Metode NET? Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin dan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar, observasi, dokumentasi.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data lcualitatif yang dianalisis secara deskriptif dan lcuantitatif yang dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata. Dan uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui metode NHT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Al-muhajirin Latukan Karanggeneg Lamongan.Hal ini ditunjulckan dengan diketahui bahwa pada siklus I hasil angket motivasi belajar yaitu 51% besarnya prosentase ini sudah dikatakan cukup baik tetapi perlu diadakan review ulang, agar memperoleh data yang maksimal, Path siklus II prosentase meningkatmenjadi 97% atau dapat dikategorikan sangat baik. Begitu juga dengan hasil obervasi alctivitassiswa juga mengalami peningkatan dan 77.6% menjadi 90.5%.Sedangkan hasil observasi motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II.Pada siklus I aspek minat 45%, aspek perhatian 65% dan aspek semangat75%, sedangkan pada siklus II aspek minat 70%, aspek perhatian 95% dan aspek semangat 80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Athi’UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Pendidikan > Metode
Keywords: Motivasi belajar IPS; metode Numbered Heads Together
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2018 07:55
Last Modified: 18 Jan 2018 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22020

Actions (login required)

View Item View Item