Penggunaan media Mini Origami untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Hassanudin Karah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholiqah, Annisa' Umi (2012) Penggunaan media Mini Origami untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Hassanudin Karah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa'Umi Sholiqah_D37208008.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22034

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat penyampai infonnasi pada proses pembelajaran untuk membantu siswa mempermudah dalam proses pembelajaran dan memperoleh meningkatkan pemahaman, memudahkan penafsiran data. Dengan penggunaan media mini origami, siswa akan lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran sehingga siswa tersebut bisa lebih mudah memahami materi dan pembelajaran akan menjadi lebih efektif yang secara tidak langsung dapat meningkatkan basil belajar siswa. Tujuan dari pene1itian yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media ini dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran di kelas III MI Hassanudin Karah Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan 4 langkah yaitu rancangan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data hasil penelitian berupa data basil belajar yang diambil melalui tes pada akhir tiap siklus. Aktifltas siswa dan guru yang dijaring melalui observasi/pengamatan oleh guru peneliti dan observer, dan wawancara mendalam oleh peneliti kepada guru observer untuk mengetahui tentang aktifltas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui peningkatan basil belajar siswa serta peningkatan aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran pada siklus 1 ke siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mini origami dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta aktifitas guru dan siswa hal ini dibuktikan sebagai berikut : I ) Hasil belajar Matematika siswa kelas III semester Imateri mengukur luas bidang datar MI Hasanudin Karah Surabaya sudah mengalami peningkatan yang semula pada penemuan awal siswa yang memenuhi KKM hanya 19 siswa ( 61,29% ) dengan kriteria cukup. 2) Penerapan pembelajaran Matematika dengan menggunakan Media Mini Origami dalam mengukur luas bidang datar pada siswa kelas III MI Hasanudin Karah Surabaya sudah dilakukan oleh guru dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil analisis lembar observasi aktivitas guru selama pembelajaran yang mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 84% dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan. 3) Peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas ll1 semester I materi mengukur luas bidang datar MI Hassanudin Karah Surabaya dengan menggunakan media mini origami terlihat pada peningkatan siklus 2 yaitu 80,64% dengan kategori sangan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholiqah, Annisa' Umi--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; media Mini Origami
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2018 07:54
Last Modified: 19 Jan 2018 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22034

Actions (login required)

View Item View Item