Peran Urban Farming Rumah Zakat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kampung Sayuran Organik Ngemplak Sutan Kota Surakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dianmurti, Rifa (2017) Peran Urban Farming Rumah Zakat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kampung Sayuran Organik Ngemplak Sutan Kota Surakarta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifa Dianmurti_C04213055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana mekanisme, peran dan dampak urban farming rumah zakat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kampung Sayuran Organik Ngemplak Sutan Kota Surakarta. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara langsung kepada informan, dalam penelitian ini yaitu pendamping pemberdayaan dari Rumah Zakat dan Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kampung Ngemplak Sutan Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme urban farming rumah zakat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui tujuh tahapan yaitu persiapan, pengkajian, perencanaan akternatif, formulasi rencana, pelaksanaan program, evaluasi, dan terminasi. Peran kegiatan urban farming dalam pemberdayaan adalah mengurangi kemiskinan melalui bisnis tanaman sayuran dan buah, pengoptimalan lahan sempit di perkotaan agar lebih asri dan bersih, mengembangkan kesempatan kerja produktif, memberdayakan masyarakat miskin dengan upaya perbaikan gizi buruk dan menambah pendapatan rumah tangga, pembelajaran dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Sedangkan dampak adanya kegiatan urban farming dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah terbentuknya program Kampung Sayuran Organik melalui kebun gizi mandiri, pembentukan koperasi benih sayur kahuripan untuk perputaran uang warga, pembentukan kelompok wanita tani yang bertujuan memberdayakan para ibu rumah tangga agar lebih produktif, dan pengelolaan bank sampah oleh warga kampung. Sejalan dengan hasil penelitian diatas, maka saran yang dapat menjadi bahan masukan pada Rumah Zakat adalah sebaiknya kerjasama dengan pihak penyandang dana seperti Pemerintah Kota Surakarta harus lebih ditingkatkan lagi. Sebaiknya kerjasama antara Rumah Zakat dengan pihak penyandang dana seperti Pemerintah Kota Surakarta harus lebih ditingkatkan agar kegiatan urban farming dapat terus terlaksana dengan baik. Untuk masyarakat Kampung Ngemplak Sutan, sebaiknya pengembangan inovasi untuk budidaya selain sayuran seperti buah-buahan dan ikan lebih ditingkatkan lagi. Selain itu dalam hal pemanfaatan media sosial seperti instagram, facebook, dan twitter bisa dimaksimalkan dengan tujuan agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dianmurti, Rifarifa.dian.rd@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Zakat
Keywords: Urban Farming; pemberdayaan ekonomi masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dianmurti Rifa
Date Deposited: 23 Jan 2018 06:50
Last Modified: 23 Jan 2018 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22050

Actions (login required)

View Item View Item