Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode resource based learning pada siswa kelas IV di MI Mamba'ul Ulum Terik Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Dwi Kumairotul (2012) Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode resource based learning pada siswa kelas IV di MI Mamba'ul Ulum Terik Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dwi Kumairotul Hidayah_D37208002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah hasil yang dicapai siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hasil belajar ini sangatlah penting untuk mengetahui keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Dan dalam proses pembelajaran ini di butuhkan suatu metode agar siswa dapat dengan mudah memahami suatu materi. Oleh sebab itu seorang guru hams pandai dalam memilih metode yang sesuai dengan materi, karena metode yang tepat akan menjadikan siswa lebih tertarik dan tidak cepat bosan. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: ( I ) Bagaimana penerapan metode re.source ba.sed learning pada pembelajaran IPS kelas IV di MI Mamba'ul Ulum Terik Krian Sidoarjo? (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar IPS melalui metode resource based learning siswa kelas IV di MI Mamba'ul Ulum Terik Krian Sidoarjo? Dan salah satu metode pembelajaran yang digunakan oleh peneliti adalah metode resource based learning dalam meningkatkan basil belajar siswa. Peneliti menerapkan metode resource based learning ini pada mata pelajaran IPS. Metode pembelajaran ini diterapkan dikelas tinggi yaitu kelas IV Ml Mamba ul Ulurn Terik Krian Sidoarjo untuk membantu siswa dalam meningkatkan basil belajar mereka. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersaji dari observasi yang dilakukan terhadap guru maupun siswa, wawancara, dan ketuntasan hasil belajar siswa. Ketiga analisis data tersebut menunjukkan saling keterkaitan antara observasi dan wawancara. Keterkaiatan tersebut menghasilkan data yang valid terhadap objek yang diteliti yaitu hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Mamba'ul Ulum Terik Krian telah meningkat. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa metode resource based learning dapat meningkatkan basil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari meningkatnya hasil belajar siswa dari tiap siklus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Dwi KumairotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil belajar; metode resource based learning; IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2018 08:43
Last Modified: 29 Jan 2018 08:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22126

Actions (login required)

View Item View Item