Pengaruh motivasi belajar dan self efficacy terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VII SMP Negeri I Rengel Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhlasin, Muhammad (2009) Pengaruh motivasi belajar dan self efficacy terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VII SMP Negeri I Rengel Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Muhlashin_B07205073.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh antara motivasi belajar dan Self Efficacy terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan apakah ada pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dengan pendekatan Kuantitatif-Correlation, metode penelitian ini akan diperoleh signifikansi pengaruh antara variabel yang diteliti. Sebagai subyek penelitian adalah siswa-siswi SMP Negeri 1 Rengel Tuban dengan tehnik pengambilan Simple Random Sampling. clitetapkan sebanyak 126 orang.sebagai sampel. Untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakan regresi linier ganda. Hasil data matriks interkorelasi menunjukkan babwa variabel motivasi belajar (X 1) dengan variabel prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika (Y) diperoleh harga korelasi r tabel sebesar = 0,255 dengan p: 0,799 yang berarti bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Sedangkan variabel Self Efficacy (X2) dengan variabel prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika (Y) diperoleh harga korelasi r tabel sebesar = 0,432 dengan p: 0,667 yang. berarti bahwa tidak ada pengaruh yang sangat signifikan antara Self Efficacy dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dari hasil analisis regresi, Pada tabel Model Summary diperoleh hasil R Square (koefisien determinansi) sebesar 0.002 yang. berarti bahwa banya 0,2% variabel Prestasi Belajar Matematika dipengaruhi/dijelaskan oleh variabel motivasi belajar dan Self Efficacy. Sisanya sebesar 99.8% dipengaruhi oleh variabel lain. Pada tabel ANOVA dapat diperoleh F hitung 0.120, dengan tingkat signifikansi 0.887 > 0.05 berarti model regresi yang diperoleh nantinya tidak dapat digunakan untuk memprediksi Prestasi Belajar Matematika. Berdasarkan pada besarnya pengaruh variabel Motivasi belajar dan Self Efficacy terhadap nilai Prestasi Belajar Matematika menandaskan bahwa kedua variabel tersebut tidak cukup kuat untuk memprediksi prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rengel Tuban. Untuk peneliti selanjutnya bisa melanjutkan dengan judul yang serupa, hal ini dikarenakan hasil dari beberapa penelitian sejenis masih bersifat kontroversial. Dan bisa juga untuk melanjutkan penelitian sejenis dengan mengungkap variabel lain sebagai variable prediktor (variabel bebas) yang mempengaruhi prestasi belajar pada siswa. Maka apabila peneliti bermaksud mengadakan replikasi terhadap penelitian ini hendaknya memperhatikan hal-hal tersebut untuk mencapai kesempurnaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhlasin, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Motivasi Belajar; Self Efficacy; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2018 02:12
Last Modified: 05 Feb 2018 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22171

Actions (login required)

View Item View Item